oleh

Anjing Ini Bisa Membaca, Percayakah Anda?

-Tak Berkategori-64 views

0840038Untitled-1c32780x390

Metrobatam.com – Pasti akan ada banyak orang yang sepakat jika dikatakan, anjing adalah hewan yang mengagumkan, sahabat manusia, dan binatang yang cerdas.

Tapi, adakah yang langsung percaya jika disebut ada anjing yang dapat memahami huruf dan tulisan dalam Bahasa Inggris?

Anda baru akan berpikir untuk percaya jika sudah membaca berita yang dilansir banyak media di Inggris, tentang cerita seekor anjing bernama Fernie. Apakah benar demikian?

Selama sepekan terakhir, cerita mengenai anjing Labrador berusia dua tahun ini mendapat perhatian dari publik. Sebab, tak hanya bisa membaca, Fernie pun adalah asisten pengajar yang membantu di salah satu kelas di Winford Primary School, Bristol, Inggris.

Cerita mengenai kemampuan membaca anjing ini berawal dari sebuah rekaman yang diunggah dan lalu mengundang komentar dari banyak pihak.

Isyarat
Salah satu komentar datang dari Andrea Kilkenny. Kilkenny adalah pelatih anjing profesional dan pemilik pusat pelatihan hewan peliharaan “New Jersey Pet training”.

“Video itu menunjukkan apa yang memang terjadi,” kata dia.

“Tapi bagi saya, anjing itu seperti menangkap isyarat kecil dari majikannya, dan lalu melakukannya dengan gerakan tubuh,” sambung Andrea dalam wawancara per email dengan the Huffington Post.

“Misalnya saat dia memegang kartu bertuliskan ‘down’, pemiliknya terlihat menggerakan pegangan kartu itu sedikit ke depan, gerakan yang halus,” kata Kilkenny.

Kilkenny menduga, gerakan kecil itulah yang ditangkap oleh Fernie, sebelum anjing itu melakukan gerakan “down”, dan bukan karena tulisan di kartu tersebut.

Hal ini terlihat pula saat pemilik anjing mengeluarkan kartu bertuliskan “roll over”.

Sang pelatih terlihat mencondongkan badannya ke depan dan sedikit mengangguk ke kiri. “Isyarat itu direspons Fernie dengan berguling,” kata Kilkenny lagi.

Pandangan serupa disampaikan Rosie Barclay, seorang ahli klinis perilaku hewan di the Association of Pet Behaviour Counsellors, seperti dikutip dari The Telegraph.

Kendati demikian, sekalipun ternyata Fernie memang tidak bisa membaca seperti yang digembar-gemborkan, namun kemampuan anjing betina ini tetap mengesankan.

Tak kurang, pujian pun harus dilayangkan kepada sang pelatih. Keberadaan Fernie diyakini bakal sangat menghibur bagi anak-anak di dalam kelas.

“Pelatihan yang mengagumkan, dia berhasil menemukan cara dengan memasang kartu bertuliskan beragam perintah, dan memeragakannya bersama Fernie, demi kepentingan anak-anak di kelas,” ungkap Barclay.

Metode pendidikan
Menanggapi pembahasan tersebut Winford Primary school pun memberikan penjelasan.

Metode pendidikan dengan anjing di dalam kelas diyakini membantu proses pembelajaran pada anak-anak. Anjing yang merespons kartu-kartu bertuliskan perintah, hanya salah satu dari “tugas” si anjing di dalam kelas.

“Kami menemukan bukti bahwa keberadaan anjing di dalam kelas mendatangkan efek yang positif bagi anak, terutama dalam proses belajar mereka,” ungkap Nik Gardner, sang Kepala Sekolah, yang juga pelatih Fernie kepada Telegraph .

“Sebagai contoh, anjing ini bisa membantu para anak untuk duduk diam dan berkonsetrasi ketika sebuah cerita dibacakan kepada mereka. Anak-anak bisa mendengar dengan tenang. Mereka pun bisa menjadikan anjing tersebut sebagai teman belajar,” ungkap Gardner.

Khusus untuk Fernie, anjing ini lebih senang berpelukan dengan anak-anak, terutama mereka yang sedang cemas.  Anjing yang pintar….

(sumber: kompas)