oleh

Bahaya Merokok Bagi Wanita Hamil

-Tak Berkategori-54 views

merokok

Metrobatam.com, Batam – Sudah rahasia umum, jika merokok adalah kebiasaan buruk yang berdampak negatif bagi kesehatan. Terlebih, jika merokok dilakukan wanita saat masa kehamilan tentunya lebih membahayakan bagi calon bayi.

Berdasarkan riset terkini, hampir 8 persen wanita hamil masih merokok di seluruh dunia. Tak pelak, banyak para ahli kesehatan sangat mengkhawatirkan dampak buruk yang ditimbulkan bagi calon bayi. Maka demi, tumbuh kembang janin dalam kandungan, para wanita meski menjauhi kebiasaan buruk satu ini selagi hamil.

Hal ini tak jauh beda dengan pria perokok yang tentunya akan memengaruhi kualitas sperma. Si janin pun akan berisiko terpapar berbagai zat kimia berbahaya, seperti karbon monoksida dan lainnya yang mengalir dalam darah yang akhirnya memengaruhi perkembangan janin. Berikut adalah beberapa daftar bahaya akibat merokok selama masa kehamilan.

Sindrom kematian janin

Kematian mendadak janin adalah salah satu risiko terburuk bagi wanita hamil yang merokok. Tak hanya anda yang harus menghindari aktivitas merokok, namun menjauhi asap rokok alias menjadi perokok pasif juga memberi risiko yang sama.

Cacat lahir

Risiko bahwa bayi anda bisa mengalami cacat lahir bisa meningkat secara drastic jika anda merokok selagi hamil.

Lahir prematur

Risiko kelahiran bayi prematur atau bayi memiliki berat lebih rendah dari rata-rata juga bisa meningkat ketika wanita merokok selagi hamil.

Gangguan jantung janin

Tahukah anda jika kebiasaan merokok bisa juga memengaruhi jantung dari janin anda?

Gangguan paru

Tak hanya jantung, organ pernapasan penting lainnya, seperti paru-paru juga dapat mengalami gangguan pada janin akibat merokok selagi hamil.

Kekurangan oksigen

Satu lagi, bayi juga tidak memperoleh oksigen cukup, jika ibunya merokok selama kehamilan. Jadi, pastikan anda menghentikan kebiasaan buruk satu ini, kalau perlu hingga selamanya (Ls)

sumber viva.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *