Bengkak Akibat Keseleo, Jangan Diurut Malah Tambah Besar

keseleo

Metrobatam.com Jakarta – Penanganan keseleo dengan cara diurut dikatakan pakar tidak bermanfaat. Yang ada, bengkak akibat keseleo malah tambah besar. Kok bisa?

dr Muki Partono, SpOT dari RS Jakarta mengatakan penanganan keseleo atau ankle sprain dengan diurut memperlebar luka atau sobekan di otot pergelangan kaki. Hal ini membuat pembuluh darah rentan sobek dan mengalirkan darah ke jaringan otot yang lain.

“Makanya kalau berobat ke dukun patah tulang itu pasti bengkaknya akan tambah besar. Dan akhirnya memperlambat dan menyulitkan penyembuhan cedera ankle,” tutur dr Muki, dalam seminar Ankle Sprain di RS Jakarta, Jl Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2016).

Selain itu, sensasi diurut membuat pasien cedera merasa enak. dr Muki mengatakan hal ini tidak berbeda dengan rasa enak dan nyaman yang didapat ketika pijat. Padahal banyak literatur yang sudah membuktikan efek negatif mengurut cedera pergelangan kaki.

Soal klaim beberapa dukun patah tulang yang mampu menyambung kembali tulang yang patah pun ditepis dr Muki. Ia mengatakan pada beberapa kasus cedera, termasuk cedera patah tulang, tubuh mempunyai mekanisme penyembuhan yang mampu menyambungkan kembali tulang yang patah.

“Karena memang dibuat dari Tuhannya seperti itu. Selama tidak menyamping dan sejajar, jaringan bisa menyambung kembali. Masalahnya kan kita tidak bisa tahu apakah ini cederanya ada yang bengkok atau tidak tanpa pemeriksaan” tandasnya, seperti dilansir detikhealth

Ia menegaskan bahwa tidak semua kasus cedera pada tulang atau persendian harus dioperasi. Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami cedera.

“Takut operasi? Kasus cedera ankle itu yang sampai harus dioperasi sangat sedikit. Nggak sampai 10 persen. Makanya jangan takut berobat ke dokter,” pungkasnya. (Ls)