Iran Ajak Hungaria Untuk Kerjasama Nuklir

Foto petinggi pengembangan nuklir Iran Ali Akbar Salehi (Foto: Livemint.com)
Foto petinggi pengembangan nuklir Iran Ali Akbar Salehi (Foto: Livemint.com)

Metrobatam.com, Budapest – Iran memang benar-benar serius untuk mengembangkan teknologi nuklir, mereka telah mengajukan kerjasama dalam ranah teknologi nuklir dengan Hungaria

Dilaporkan, Petinggi pengembangan nuklir Negeri Para Mullah ini mengajukan proyek untuk mendesain dan mengembangkan reaktor nuklir kecil bersama Hungaria. Dikabarkan, reaktor-reaktor ini akan dibuat di Iran lalu akan dijual di wilayah Asia dan Afrika.

“Kami ingin sepenuhnya memanfaatkan kesempatan yang ada saat ini baik di bidang komersial maupun teknis, termasuk melakukan pengembangan nuklir untuk kebaikan yang akan dihasilkan oleh kesepakatan ini,” kata Ali Akbar Salehi, pada konferensi di Budapest, Hungaria sebagaimana dilansir dari Reuters, Jumat (19/2/2016).

Kesempatan yang Ali maksud adalah peristiwa penting antara Iran dengan Amerika Serikat tahun lalu yang akhirnya membuat sanksi yang selama ini menghantui Negeri Para Mullah dicabut.

Karena dengan perjanjian Iran untuk melucuti pengembangan senjata nuklir, negara tersebut dapat kembali masuk ke dalam ranah ekonomi global dan melakukan kesepakatan ekonomi dengan berbagai negara.

Ali juga menambahkan bahwa proyek bersama dengan Hungaria ini pada awalnya adalah untuk mencoba mendesain reaktor nuklir berdaya 25 megawatt dan jika berhasil mereka akan mengembangkannya hingga reaktor dengan daya 100 megawatt.

Target pasar dari kedua negara ini adalah negara-negara yang berada di benua Asia dan Afrika.

(okezone)