oleh

Lagi, 54 Perusahaan Tutup, 7.188 Karyawannya di PHK!

-Tak Berkategori-50 views
Ilustrasi PHK Massal
Ilustrasi PHK Massal

Metrobatam.com, Batam – Sepanjang tahun 2015, sebanyak 54 Industri yang bergerak di berbagai bidang di Kota Batam diketahui ‘gulung tikar’.

Akibatnya sebanyak 7.188 karyawan dari perusahaan tutup tersebut di rumahkan alias mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Alasan mereka (perusahaan,red) pasar sudah melemah. Dan order dari pembeli berkurang dari barang yang dihasilkan. Mungkin merasa rugi maka mereka tutup,” kata Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kota Batam Zarefriadi, Senin (22/2/2016) siang di ruang kerjanya.

Dari ribuan karyawan yang terkena gelombang PHk tersebut, mengaku tidak memastikan apakah mereka sedang bekerja di perusahaan lain di Batam atau tidak.

Karena sebagian besar dari mereka ini, terkadang tidak melapor statusnya.

“Kami juga tidak tahu. Karena kan jumlahnya ribuan, mungkin sebagian lah itu bekerja. Karena terkadang mereka (pekerja) tidak melapor makanya data tak ada,” ucap Zaref.

Dalam keterangan Zaref, belum diketahui secara rinci perusahaan di bidang mana saja yang tutup.

Tapi bagian dari pada itu, terdapat beberapa galangan kapal yang juga ikut gulung tikar. “Rincinya banyak, tidak bisa saya rinci satu-satu. Tapi industrinya sebagian industri elektronik lah dan berbagai macam,” pungkasnya.

(sumber TB)