oleh

Pekan Ini, Rusia Kirim Peluncur Misil S-300 ke Iran

-Tak Berkategori-44 views
(Foto: Russian Today)
(Foto: Russian Today)

Metrobatam.com, Moscow – Pihak militer Iran mengatakan bahwa dalam pekan ini Rusia akan mengirim peluncur misil S-300 ke negaranya. Jika sesuai jadwal, kemungkinan pengiriman S-300 dilakukan pada hari ini, Kamis 18 Februari.

“Besok (ia mengatakan hal ini pada Rabu), Rusia untuk pertama kalinya akan mengirim S-300 ke Iran,” kata Wakil Pimpinan Staf Pasukan Bersenjata Iran Mostafa Izadi, sebagaimana dilansir Russian Today, Kamis (18/2/2016).

Dilaporkan, Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan yang tiba di ibu kota Moskow, Rusia, pada 15 Februari, akan mengikuti upacara serah-terima peluncur misil S-300 itu.

Sebenarnya perjanjian pembelian S-300 dilakukan Rusia-Iran pada 2007. Negeri Para Mullah sendiri memesan lima S-300 senilai lebih dari USD800 juta.

Namun pada 2010, kontrak ini sempat ditahan oleh pimpinan Rusia saat itu yakni Presiden Dmitry Medvedev akibat sanksi yang diberikan PBB ke Iran. Pihak Iran sendiri sempat “mengamuk” akibat hal tersebut dengan membawanya ke pengadilan internasional di Jenewa, Swiss.

Pada April 2015, Presiden Vladimir Putin menghapus penahanan kontrak pengiriman peluncur misil S-300 dengan alasan embargo yang diterapkan ke Iran sudah tidak dibutuhkan karena Iran sudah mulai mengikuti program pelucutan program nuklir.

Dikarenakan sanksi kepada Iran secara resmi sudah dicabut pada 16 Januari, maka pengiriman S-300 ini sudah mulai diproses dan direncanakan dikirim pada hari ini oleh Rusia ke Iran.

(okezone)