Riversimple Mobil Bertenaga Hidrogen dengan Dua Penumpang

Riversimple mobil masa depan bertenaga hidrogen. (Autoguide)
Riversimple mobil masa depan bertenaga hidrogen. (Autoguide)

Metrobatam.com – Sebuah perusahaan Inggris menciptakan mobil bernama Riversimple bertenaga hidrogen. Disebut Riversimple Rasa, karena memiliki bentuk yang ringan, dengan dua penumpang serta memiliki jangkauan hingga 480 km dengan 1,5 kg hidrogen. Perusahaan mengatakan itu setara dengan 250 mpg.

Mobil ini juga memiliki desain pintu kupu-kupu supercar, sebuah rangka karbon komposit yang ringan, membuat bobot kendaraan sebesar 1.279 pounds.

Tidak hanya itu, mobil ini didukung oleh sel bahan bakar kecil 8.3 kW hidrogen yang membuat kekuatan setara dengan 11 daya kuda. Ada motor pada setiap roda, dan lebih dari 50 persen dari energi kinetik yang dihasilkan oleh pengereman, mengubah menjadi listrik untuk meningkatkan akselerasi. Kecepatan maksimal mobil ini mencapai 100 km per jam.

Riversimple akan menjalani tes beta publik selama 12 bulan, dan 20 kendaraan rencananya akan diproduksi dalam waktu dekat ini. Jika tes beta ini sukses, model produksi penuh diharapkan akan tersedia di pasar mulai 2018.

Perusahaan akan menggunakan ‘open source’ model penjualan layanan dengan cara sewa, di mana pembeli akan membayar biaya bulanan sesuai yang diperjanjikan, sementara perusahaan akan mencakup semua biaya perawatan, bahan bakar, perbaikan, dan asuransi.

Perusahaan juga akan mengambil pendekatan ‘open source’ dan membuat penelitian yang tersedia untuk perusahaan lain.

(metrotv)