Teori Gelombang Gravitasi Einstein Berhasil Dibuktikan Ilmuan

einsten

Metrobatam.com – Setelah puluhan tahun tidak terbuktikan, ilmuwan dari National Science Foundation, Caltech, dan MIT baru-baru ini mengkonfirmasi eksistensi dari gravitational waves atau gelombang gravitasi yang merupakan salah satu bagian dari teori relativitas Albert Einstein.

Teori tersebut terbuktikan setelah alat pemantau gelombang gravitasi atau Laser Interferometer Gravitational-wave Observator (LIGO) merekam aktivitas bertabrakannya dua buah black hole dan mendeteksi adanya gelombang gravitasi yang sangat kuat dari keduanya.

Teori gelombang gravitasi memang telah ada sejak lama. Teori yang dikemukakan oleh Einstein hampir 100 tahun yang lalu, bersamaan dengan teori relativitas tersebut dikatakan sangat sulit untuk dibuktikan karena kurangnya bukti ilmiah. Pembuktian eksistensi gelombang gravitasi kali ini merupakan salah satu penemuan terbesar tahun ini.

Rencananya, ilmuwan akan membangun satu LIGO di India untuk mengetahui sumber dari gelombang gravitasi.

LIGO merupakan alat yang dirancang secara spesifik untuk mendeteksi adanya gelombang gravitasi. Sebagaimana dengan namanya, LIGO menggunakan teknologi laser untuk mendeteksi gelombang gravitasi. Laser yang dipancarkan oleh LIGO akan berubah gelombangnya jika dihantam oleh gelombang gravitasi. Dari situlah ilmuwan dapat membuktikan serta mempelajari gelombang gravitasi.

Gelombang gravitasi pertama yang berhasil dideteksi oleh LIGO dikatakan memiliki suara seperti dengungan dan desisan kecil. Suara tersebut diyakini merupakan hasil tabrakan antara gelombang laser yang dipancarkan oleh LIGO dengan gelombang gravitasi.

Meskipun Einstein tidak menyebutkan secara spesifik manfaat aplikasi dari teori gelombang gravitasinya tersebut, namun penemuan ini dikatakan akan membawa perubahan yang cukup signifikan di dunia sains.

Melalui pembuktian teori ini, ilmuwan akan dapat memahami berbagai misteri yang ada di dunia partikel serta luar angkasa. Diharapkan nantinya teori ini akan menjawab berbagai pertanyaan mengenai alam semesta.

(sumber: metrotvnews)