oleh

Kurang Vitamin D Penyebab Suasana Hati Melankolis

-Tak Berkategori-49 views

oW66gmaFJR

Metrobatam.com – Secara umum mungkin Anda sudah mengetahui bahwa vitamin D berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi mansia agar lebih baik dan kuat. Vitamin D bisa Anda temukan pada makanan, seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Bahkan, sinar matahari pagi juga mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh.

Namun, penelitian Harvard School of Public Health menyebutkan, sekitar satu miliar orang di dunia kekurangan vitamin D.

Ada beberapa tanda yang bisa menjadi indikasi tubuh Anda kekurangan vitamin D, seperti dilansir Prevention.

1. Suasana Hati Melankolis

Diagnosis depresi sebenarnya sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. Meski demikian, peneliti masih mempertanyakan kebenaran hal tersebut. Namun, pakar vitamin D menjelaskan, mineral dapat bekerja di daerah otak dan memberi pengaruh terhadap beberapa hormon, salah satunya serotonin, yang dapat memengaruhi suasana hati.

2. Keringat Berlebih

“Sulit menentukan apakah seorang bayi kekurangan vitamin D. Namun, dahi yang berkeringat menjadi salah satu cirinya,” ujar Carole Beggarly, direktur GrassrootsHealth, organisasi non-profit di bidang kesehatan. Hal yang sama juga terjadi pada orang dewasa.

3.  Kelelahan

Seseorang merasa lemah bukan hanya karena kekurangan zat besi. Faktanya, kekurangan vitamin D juga bisa membuat orang merasa lelah meski pun memiliki tidur yang cukup.

4. Patah Tulang

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, tulang berhenti tumbuh pada usia 30 tahun. Namun, pada orang yang kekurangan vitamin D, patah tulang dan osteoporosis terjadi lebih cepat. Diperlukan 3 hal untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, yakni sinar matahari, suplemen, dan makanan.

5. Nyeri Kronis

Kekurangan vitamin D berisiko menyebabkan sakit dan nyeri di tulang, seperti osteomalacia, arthritis dan fibromyalgia.

(metro/dn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *