AS Roma Permalukan Fiorentina Di Olimpico

as roma

Metrobatam.com AS Roma sukses memetik kemenangan krusial dengan menghajar Fiorentina dengan skor telak 4-1 dalam laga lanjutan Serie A Italia di Stadio Olimpico, Sabtu (5/3) dini hari WIB. Tambahan tiga angka tersebut membuat Giallorossi mengamankan posisi ketiga klasemen sementara dan menjauh dari kejaran La Viola di urutan keempat.

Babak Pertama:

Kedua tim langsung menerapkan permainan terbuka sejak menit pertama, membuat laga berlangsung menarik. Saling balas serangan dilakukan kedua tim dalam sepuluh menit pertama, AS Roma seperti biasa bertumpu pada kreativitas Miralem Pjanic dari lini tengah sementara Fiorentina menekan melalui pergerakan eksplosif Josip Ilicic.

Sebuah kecerobohan dalam bertahan membuat Fiorentina hampir kecolongan pada menit ke-16, penguasaan bola Davide Astori lepas di kotak penalti dan dicuri Mohamed Salah namun diselamatkan Gonzalo Rodriguez. Giallorossi membuka keunggulan pada menit ke-23, Salah yang lolos dari kawalan memberikan umpan silang memanjakan Stephan El Shaarawy.

Berselang dua menit, Roma menggandakan keunggulan mereka lewat tembakan luar kotak penalti Salah yang sempat membentur Gonzalo sebelum bola mendarat mulus ke gawang Fiorentina. Gol ketiga nyaris terjadi semenit berikutnya andai tembakan mendatar Diego Perotti tak digagalkan tiang gawang. Roma terus menggempur hingga sepertiga akhir babak.

El Shaarawy menjadi aktor gol ketiga Roma pada menit ke-38, dengan sang winger menusuk dari sektor kiri dan memberikan umpan silang yang dituntaskan Perotti . Skema permainan Fiorentina tak berjalan mulus di babak pertama dengan adanya dua pergantian pemain, meski mampu memperkecil skor lewat eksekusi penalti Ilicic di akhir babak.

Babak Kedua:

Fiorentina berusaha melakukan pendekatan berbeda ketika memulai paruh kedua permainan dengan meningkatkan intensitas serangan mereka. Babak kedua baru berjalan dua menit, tim tamu langsung mengancam gawang Wojciech Szczesny melalui tembakan keras Facundo Roncaglia dari luar kotak penalti, sayang eksekusinya masih melebar di samping gawang.

Sementara Roma tak tinggal diam dalam kondisi tertekan, mereka tetap fokus menyerang. Menit ke-58, Pjanic mengirimkan umpan mematikan dari lini tengah dan berhasil menjangkau pergerakan Salah di sisi kanan yang kemudian menusuk lebih dalam dan membukukan gol keempat Roma. Unggul jauh membuat Luciano Spalletti mulai melakukan penyegaran skuat.

Hingga memasuki sepertiga akhir permainan di babak kedua, Roma sama sekali tak mengurangi daya tekanan mereka, sedangkan Fiorentina meski tertinggal jauh juga tak patah arang dan beberapa kali mencoba untuk menipiskan skor. Hanya saja, pola serangan pasukan Paulo Sousa kurang efektif, terbukti dengan mubazirnya deretan kans yang mereka ciptakan.

Menit ke-76, Stadio Olimpico bergemuruh ketika menyambut masuknya pangeran Roma, Francesco Totti yang menggantikan El Shaarawy. Ikon sekaligus legenda hidup Roma itu bahkan nyaris memperlebar selisih skor kedua tim jika eksekusi tendangan bebasnya di masa tambahan waktu babak kedua tidak menerpa tiang gawang.

Susunan Pemain:

ROMA (4-3-3): Szczesny; Florenzi, Manolas, Rudiger, Digne; Pjanic, Keita, Nainggolan; Salah, Perotti, El Shaarawy.

FIORENTINA (4-2-3-1): Tatarusanu; Roncaglia, Rodriguez, Astori, Alonso; Tino Costa, Vecino; Ilicic, Borja Valero, Bernardeschi; Kalinic.

Sumber :Goal.com