PIN Polio Sudah Capai 54 Persen Dari 99.333 Balita Sekota Batam

Metrobatam.com.Batam.Dinas Kesehatan Kota Batam menurunkan tim supervisi untuk memantau pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Tim terdiri dari lintas sektoral seperti Dinas Kesehatan, pos-pos pelayanan kesehatan, rumah sakit, ikatan tenaga kesehatan, camat, lurah, SKPD Kota Batam, hingga PKK.

“Pekan Imunisasi Nasional ini kan dilaksanakan satu minggu, makanya kita lakukan supervisi. Kita turun memantau, untuk mengetahui sejauh mana PIN dilaksanakan. Semua pihak dilibatkan agar semua merasa memiliki,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal Jumat (11/3).
Ia mengatakan saat supervisi, tim mengumpulkan beberapa data melalui wawancara serta melihat langsung kondisi di lapangan. Kondisi yang dipantau misalnya apakah Posyandunya buka, ada petugasnya atau tidak, apakah terpasang tanda pos pelayanan PIN Polio.
Kemudian melihat ketersediaan fasilitas seperti vaccine carrier, plastik pembuangan limbah, dan sebagainya. Sampai ke tata cara pemberian vaksin hingga pengelolaan limbahnya.
Selain itu juga dikumpulkan data mengenai jumlah balita yang telah diberi vaksin di pos-pos yang dikunjungi.
“Hingga hari ketiga pelaksanaan PIN Polio, sudah 54 persen dari 99.333 balita yang diberi vaksin. Mudah-mudahan bisa tercapai target 95 persen,” sebut Chandra.
Ia kembali mengingatkan masyarakat terutama bagi yang memiliki anak usia 0-59 bulan untuk membawa anaknya ke pos-pos PIN terdekat. Pekan Imunisasi Nasional dalam rangka eradikasi polio ini masih akan berlangsung hingga 15 Maret mendatang.
“Supaya tidak ada anak-anak kita yang terserang virus polio. Dan target 2020 dunia bebas polio bisa tercapai,” pesannya.
Sumber : Mediacenterkotabatam