oleh

Gerhana Matahari Total Bisa Membakar Mata

-Tak Berkategori-57 views

gerhana

Metrobatam.com, Jakarta – Bagi Anda yang berniat menyaksikan langsung fenomena gerhana matahari total (GMT) harap waspada. Jika dilihat secara langsung dengan mata telanjang, berisiko membakar mata.

Menteri Kesehatan RI Prof Nila Moeloek menjelaskan, matahari tetap mengeluarkan sinar ultraviolet yang dapat merusak mata jika dilihat dengan mata telanjang.

“Kebetulan mata punya sinar yang masuk untuk melihat. Tapi kalau sinar UV kena mata kita bisa membakar,” katanya saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Pada kesempatan itu, wanita yang juga berprofesi sebagai spesialis mata menjelaskan perjalanan masuknya sinar UV ke dalam mata. Proses perjalanannya dimulai dari pupil, berlanjut ke bagian dinding belakang retina dan saraf mata.

“Retina dan saraf mata adalah gardu listriknya. Kalau terbakar, dia tidak bisa mengirim sinyal ke otak. Maka yang terjadi ditakutkan gak bisa melihat atau terganggu. Maka lebih baik kita cegah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, sinar UV yang terpaksa masuk ke mata dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata, sehingga terjadi gangguan makula serius yang menyebabkan kebutaan.
sumber : okezone