oleh

Harga Ikan Meroket

-Tak Berkategori-49 views

ikan

Metrobatam.com, Pekanbaru: Sejumlah ibu Rumah tangga mengeluhkan naiknya harga berbagai jenis ikan sungai dan laut segar diwilayah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau saat ini.

“Ikan gurami biasanya Rp38.000 per kilogram (kg) kini jadi Rp40.000 per kg,” ungkap Desi (35) warga Sukajadi, Pekanbaru, Minggu (6/3/2016).

Desi mengeluhkan naiknya harga ikan sungai dengan jenis Gurami dan Nila membuat mereka harus mengatur strategi dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan makan sehari-hari. Tanpa harus mengurangi gizi bagi keluargannya, Desi harus pintar-pintar memilih menu pengganti lauk pauk.

“Ikan Nila juga naik jadi Rp28.000 per kg dari sebelumnya Rp25.000 per kg,” bebernya.

Asma ibu rumah tangga lainnya juga mengakui hal yang sama. Bukan hanya ikan sungai yang alami kenaikan harga, tetapi ikan laut seperti gembung, tongkol sisik, serai, dan sebagainya alami kenaikan.

“Ikan gembung kini dihargai Rp40.000 per kg naik Rp3.000-Rp5.000 per kg,” ujarnya.

Ikan tongkol sisik kini juga dihargai Rp40.000 per kg karena selain mahal, jumlahnya juga sedikit di pasaran. Kenaikan harga ikan ini menurutnya sudah terjadi sepekan terakhir. Pasca banjir yang menenggelamkan keramba ikan nelayan akibat meluapknya sungai Kampar beberapa waktu lalu.

“Waktu itu sempat terjadi kekosongan pasokan malah,” urainya.

Rose seorang pedagang barang harian di pemukiman Jalan Fajar juga mengeluhkan, tingginya harga jual ikan segar baik sungai maupun laut.

Pelanggannya jadi mengeluh tidak lagi mampu membeli ikan dan mengalihkan menu lauk pauknya kepada tempe dan tahu. Ia mengaku biasanya membawa ikan sebanyak 5kg, kini hanya tinggal 3kg, takut tidak laku karena mahal.

“Daya beli ikan juga menurun, saya jadi mengurangi jumlah yang dibawa karena mahal,” bebernya.
sumber : metrotvnews.com