oleh

Ini Dia.. Biang Keladi Penuaan Dini

-Tak Berkategori-59 views

penuaan

Metrobatam.com – Sebuah penemuan mengejutkan mengenai penuaan datang dari para peneliti University of Cambridge, Inggris. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa proses penuaan telah dimulai bahkan sebelum kita dilahirkan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi makanan kaya antioksidan selama kehamilan memberikan kontribusi pada penuaan yang lebih lambat pada anak-anak mereka kelak.

Sedangkan ibu yang memiliki kandungan oksigen yang lebih rendah di dalam rahim dapat mempercepat penuaan pada anak saat menginjak usia dewasa. Seperti yang dilansir melalui thehealthsite, para peneliti mengatakan bahwa antioksidan telah dikenal dapat mengurangi penuaan.

Hanya saja penelitian ini menunjukkan bahwa makanan yang dikonsumsi oleh ibu saat masa kehamilan berkontribusi besar bagi proses penuaan sang anak kelak. Para peneliti melakukan penelitian tersebut dengan melakukan percobaan pada tikus.

Para peneliti menemukan bahwa tikus dewasa yang lahir dari ibu yang kurang mendapatkan oksigen selama kehamilan memiliki telomere yang lebih pendek. Telomere adalah bagian penting dari sel manusia yang memengaruhi sel usia.

Meskipun masih dilakukan pada tikus, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa hal yang serupa kemungkinan besar juga berlaku pada manusia.