oleh

Program BPJS Belum Maksimal

-Tak Berkategori-57 views

bpjs-kesehatan

Metrobatam.com,Batam – Pelayanan BPJS sepertinya jauh dari harapan masyarakat, banyak kekecewaan masyarakat terhadap program BPJS baik dalam segi pelayanan maupun obat, serta sistem yang membingungkan. Senin 07/03/2016 DPRD dalam hal ini komisi IV memanggil instansi terkait, BPJS, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan dan Pihak Rumah Sakit Awal Bros yang bekerja sama dengan BPJS.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam Kepulauan Riau Udin P Sihaloho mengatakan pihaknya kecewa dengan pelayanan dan kinerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Batam yang dianggap tidak maksimal melayani masyarakat. BPJS Kesehatan dianggap tidak dapat tegas kepada rumah sakit swasta, sehingga banyak pasien BPJS yang tidak tertangani baik.

“Saya menerima banyak laporan dari masyarakat dan mendengar. BPJS sangat dibutuhkan, tapi pelayanan buruk. Pelayanan rumah sakit terhadap pasien BPJS seperti menganaktirikan atau Pilih kasih, apalagi rumah sakitnya. Jadi dalam hal ini kalau Kepala BPJS tidak dapat memberikan pelayanan baik, sebaiknya mundur saja “uajar Udin P Sihaloho.

Ditempat yang terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam Riki Indrakari mengatakan, Terkait dengan hal ini akan jadi catatan kita kalau sudah terbentuk Pansus Ranperda sistem kesehatan daerah, intinya di situ bagaimana beban fasilitas kesehatan tingkat lanjut ini tidak menumpuk dari satu atau dua rumah sakit saja, harusnya berdasarkan donasi.

“Seharusnya tidak semua harus dirujuk, kalau puskesmas atau klinik memenuhi standarisasi 155 layanan tingkat dasar itu, sekarang  sepuluh persenpun belum tercapai tingkat dasar itu. dan kita akan dorong nanti diperda agar memperkuat basis di tingkat dasar”ujar Riki Indrakari. (Indra Dinan)