Rio Haryanto Jalani Tes Pramusim F1 Terakhir

Metrobatam.com, Jakarta – Pembalap tim Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, berusaha tampil maksimal saat menjalani tes terakhir di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Jumat, 4 Maret 2016, sebelum tampil pada lomba balap mobil F1 mendatang.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, ketika dihubungi, dari Semarang, Jawa Tengah, Kamis, mengatakan tes kedua pada Jumat merupakan terakhir sebelum tampil pada F1 2016. Ketika ditanya soal target pada tes ini, Indah menjawab, “Pastinya adalah berusaha tampil maksimal karena apa yang diberikan Manor Racing pada Rio besok juga belum diketahui oleh Rio.”

Sebelumnya, pembalap Rio Haryanto berhasil memperbaiki catatan waktunya pada tes kedua Formula 1 di sirkuit Barcelona, Selasa lalu. Pembalap berusia 23 tahun ini mencatat waktu 1 menit 27.625 detik, atau lebih baik dari tes pertama pekan lalu dengan waktu 1 menit 28,266 detik di sirkuit yang sama.

Sebagai yang tercepat pada tes kedua ini adalah pembalap Mercedes, Nico Rosberg, dengan waktu 1 menit 23.022 detik. Rio sendiri menduduki urutan ke-12 atau terakhir.

Pada sesi sebelum makan siang tes kedua, kendaraan MRT05 yang dikendarai Rio sempat mengalami bocor oli kecil ketika baru mengelilingi sirkuit satu putaran.

Kebocoran akhirnya dapat diperbaiki. Namun, Rio hanya menyelesaikan satu putaran lagi sebelum jeda makan siang. Secara keseluruhan pembalap urutan keempat lomba GP2 2015 ini menyelesaikan 45 putaran.

Lomba balap mobil F1 2016 ini akan dimulai di Australia, 18-20 Maret 2016, kemudian dilanjutkan di Bahrain, 1-3 April, kemudian di Cina, 15-17 April, dan seterusnya.

Sumber Tempo.co