oleh

Rupiah Menguat, Investasi Makin Menjanjikan

-Tak Berkategori-54 views

rupiah

Metrobatam.com, Jakarta- Laju mata uang rupiah perlahan tapi pasti bergerak mendekati Rp13.000 per USD pada penutupan pasar perdagangan pekan ini.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan penguatan rupiah terjadi akibat kebijakan beberapa negara yang menerapkan suku bunga rendah bahkan negatif sehingga membuat investor kabur dari negara tersebut.

Di sisi lain, data perekonomian nasional yang menunjukkan angka yang apik menjadi rujukan bagi investor untuk lebih memulih negara berkembang seperti Indonesia untuk menempatkan dana mereka ketimbang di negara bersuku bunga rendah. Sehingga membuat dana asing dalam bentuk USD di Indonesia bertambah.

“Para pemilk dana menganggap investasi di Indonesia itu menjanjikan, ya masuk uangnya ke sini, kalau masuk uangnya ke sini kan rupiah menguat,” kata Darmin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Namun, mantan Gubernur Bank Indonesia ini mengingatkan tekanan terhadap rupiah masih akan ada ketika nantinya Amerika Serikat secara tiba-tiba menaikkan kembali tingkat bunganya. Meski saat ini dengan melihat banyak negara yang malah memangkas suku bunga mereka, tentu membuat AS berpikir ulang.

“Karena negara lain menurunkan, ya AS mulai ragu-ragu, apalagi pertumbuhan mereka tidak cukup bagus. Tapi (meski begitu) kita tentu menjaganya dengan meneruskan langkah yang dilakukan selama ini,” jelas Darmin.
sumber : metrotvnews.com