oleh

Selandia Baru Ganti Bendera

-Tak Berkategori-62 views

 

maxresdefault

Metrobatam.com – Selandia Baru akhirnya akan membuat keputusan final untuk menetapkan bendera negara mereka. Pilihannya ada dua, tetap memakai simbol Inggris Union Jack atau mengubahnya jadi rancangan bendera bergambar tanaman pakis yang dilengkapi perak khas Selandia Baru.

Sistem pemilihannya tersebut adalah dengan cara pengambilan suara dari warga.
Sebagaimana dilansir Washington Post, Kamis (3/3/2016), pengambilan suaranya akan dimulai hari ini hingga tiga minggu ke depan. Setelah itu, hasilnya diumumkan pada Kamis 24 Maret.

Pengantian bendera ini sangat penting bagi warga Selandia Baru. Pasalnya, ini merupakan taktik pengubahan lambang negara paling demokratis, karena melibatkan rakyat secara langsung. Momen semacam ini adalah yang pertama kali terjadi di dunia. Sepanjang sejarah, pergantian bendera selalu dilakukan melalui jalan revolusi atau perang.

Selain juga karena rancangan yang mirip dengan bendera Australia, membuat beberapa pihak ingin membuat jati diri baru bagi negara jajahan Inggris tersebut. Walaupun, dikabarkan sebagian besar rakyat Selandia Baru ingin bertahan dengan bendera lama mereka.

Bendera Australia dan Selandia Baru sama-sama terbentuk dari Blue Ensign, yakni bidang datar yang didominasi warna biru dengan logo British Union Jack di pojok kiri atas dan di luarnya dihiasi rasi bintang Crux. Bedanya, bendera Selandia Baru menampilkan empat bintang merah dengan garis luar berwarna putih. Semua bintang berada di sisi kanan. Sedangkan bendera Negeri Kanguru memiliki enam bintang Crux, satu yang paling besar di bawah lambang Union Jack, dan lima lainnya bertaburan di sisi sebelah kiri.

Sebelumnya ada empat bendera yang dijadikan usulan model. Akan tetapi, hasil seleksi selama beberapa bulan menetapkan rancangan bendera pakis dihiasi perak adalah yang paling banyak diminati.

(okzn/dn)