Bali Terpilih Jadi Pulau Terbaik di Asia

Metrobatam.com, —Pulau Dewata Bali menyabet penghargaan sebagai pulau untuk tujuan wisata terbaik se-Asia. Penghargaan ini disematkan oleh situs wisata terbesar di dunia TripAdvisor.

Indonesia pantas bangga dengan kepercayaan yang diberikan TripAdvisor tadi. Maklum, TripAdvisor merupakan komunitas wisata terbesar di dunia yang menjangkau 350 juta pengunjung unik setiap bulannya. Web ini juga menampilkan lebih dari 290 juta ulasan dan opini tentang 5,3 juta akomodasi, restoran, dan objek wisata dunia.

Bayangkan saja, Bali berhasil mengalahkan pulau-pulau yang disebut traveler sebagai surga duniawi. Phuket, Havelock Island hingga Taketomicho Iriomote-jima kalah oleh Pulau Dewata!

“Pulau-pulau di Asia, termasuk Bali, telah lama menjadi tujuan wisata favorit karena keindahannya bagi turis dunia secara global,” kata Janice Lee Fang, Direktur Komunikasi Asia Pasifik TripAdvisor.

Bagi Janice, Bali memang layak dijadikan tujuan wisata terbaik se Asia. Semua komponen yang disuka wisatawan dunia ada di sana. Hotel, restoran, atraksi-atraksi wisata, semuanya masuk kategori fantastis.

Bacaan Lainnya

“Penghargaan itu ditentukan dengan menggunakan algoritma yang menghitung kuantitas dan kualitas ulasan dan peringkat untuk hotel, restoran dan atraksi di pulau-pulau di seluruh dunia Penilaiannya diukur selama 12 bulan berdasarkan ulasan dan pengakuan wisatawan,” tambahnya.

Dan bukan hanya Bali saja yang berkibar di Asia. Lombok dan Gili Trawangan juga masuk posisi terhormat Asia. Dari penilaian TripAdvisor, Lombok masuk di posisi lima besar Asia. Sementara Gili Trawangan nangkring di enam besar Asia.

APRESIASI

Apresiasi tinggi langsung diberikan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terhadap penghargaan tadi. Bagi Kemenpar, Indonesia merupakan negara kepulauan diberkati dengan ribuan pulau indah yang menawarkan pemandangan spektakuler, suasana yang unik, dan keanekaragaman hayati laut yang sangat kaya.

“Bali, Lombok dan Gili Trawangan adalah contoh terbaik sebagai tujuan yang bagus untuk dikunjungi. Kami ingin mengucapkan terima kasih TripAdvisor untuk pengakuan ini. Kami mengundang wisatawan seluruh dunia untuk datang mengeksplorasi lebih jauh keindahan pulau-pulau ini,” terang Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Sabtu (23/4).

Berikut 10 pulau peringkat terbaik di Asia versi TripAdvisor: 1. Bali, Indonesia, 2. Phuket, Thailand, 3. Ko Samui, Thailand, 4. Koh Tao, Thailand, 5. Lombok, Indonesia, 6. Gili Trawangan, Indonesia, 7. Boracay, Filipina, 8. Langkawi, Malaysia, 9. Havelock Island, India, 10. Taketomicho Iriomote-jima, Jepang.

Menpar Arief Yahya mengingatkan agar Bali terus berpromosi ke mancanegara. Bali harus menjadi HUB dan sekaligus endorser bagi destinasi lain di Indonesia, yang sering disebut dengan istilah Bali and Beyond. Di Asia memang sudah sudah nomor satu, tapi dari TripAdvisor itu, Bali masih nomor 5 di dunia. Nomor 1 Pulau Maui Hawai, nomor 2 Santorini Cyclades, nomor 3 Jamaica, dan Nomor 4 Providencialis, Turki. “Tapi Bali masih pulau top five terbaik dunia, congratulation!” ucap Arief Yahya.

TripAdvisor itu cukup kompeten dan kredibel di kalangan travellers. Perusahaan yang berawal dari platform “Look” atau “search” ini meng-collect data dari testimoni costumers atau netizen. Mereka menulis sendiri di wall TripAdvisor tentang apa saja yang mereka alami. Mau senang, susah, happy, marah-marah, semua ditumpahkan dalam curhat TripAdvisor. Tetapi karena itu, website ini makin dicari orang untuk merencanakan wisata. “Poinnya adalah Bali harus dan tetap akan dipromosikan dengan baik,” jelasnya.

Sumber : poskotanews.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *