Gempa Diguncang Nias Sebanyak Dua Kali

METROBATAM.COM, —Masyarakat Nias, Sumatera Utara dikejutkan dengan dua kali gempa. Gempa pertama berkekuatan 5 skala richter dengan kedalaman 10 km terasa pada Minggu (17/4/2016) sekitar pukul 01.08 WIB.

Selang tiga jam kemudian, yakni sekitar pukul 04.09 WIB goncangan kembali terasa di titik yang sama. Gempa kedua berkekuatan 5,1 skala richter pada kedalaman 15 km.

Pusat gempa diketahui terletak 35-37 km Tenggara dari Kabupaten Nias Selatan. Sumber gempa berasal dari jalur subduksi atau pertemuan lempeng tektonik Hindia Australia dan Eurasia.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” tegas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (17/4/2016).

Bacaan Lainnya

Sutopo menerangkan, gempa dirasakan cukup kuat. Karena pusat gempa yang dangkal dan dekat dengan daratan.

Masyarakat Nias Selatan merasakan guncangan keras sekitar 15 detik. Goncangan yang kuat membuat masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah.  Hingga kini, belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa.

Data sementara, tidak ada korban jiwa. Ia mengatakan, masyarakat berpotensi merasakan gempa susulan. Kepulauan Nias, Mentawai, Siberut, Simeulue dan pulau-pulau di sebelah Barat Pulau Sumatera adalah daerah rawan tinggi dari gempabumi dan tsunami. Pulau-pulau tersebut terbentuk akibat proses subduksi lempeng tektonik.

“Dalam catatan sejarah gempa dan tsunami, daerah-daerah tersebut pernah mengalami dua becana tersebut. Masyarakat memiliki kearifan lokal merespon gempa dan tsunami,” tutur Sutopo.

Namun, kearifan lokal saja tidak cukup. Perlu dibarengi dengan mitigasi bencana yang komprehensif. Sebagai daerah kepulauan dan aksesibilitas masih terbatas maka perlu terus ditingkatkan sarana prasarana pendukung untuk meningkatkan kapasitas pemda dan masyarakatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *