Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Hingga 15 Kali

METROBATAM.COM, MEDAN – Selama sepekan terakhir, Gunung Sinabung tercatat menyemburkan abu vulkanik sebanyak 15 kali dan guguran awan panas terjadi sebanyak 4 kali.

Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi Gunung Sinabung, diketahui aktivitas kegempaan masih didominasi oleh gempa hybrid dengan frekuensi rendah dan gempa guguran.

Read More

“Status Gunung Sinabung saat ini masih AWAS, artinya aktivitas vulkanisnya masih cukup tinggi,” kata Petugas Pos Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Sinabung Mohammad Nur Asrori, di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo, seperti dikutip dari Waspada Online, Senin (18/4/2016).

Ketinggian semburan abu vulkanik berkisar antara 700-2.700 meter. Sedangkan jarak luncur guguran awan panas mencapai 1.700 meter ke arah Tenggara.

Dengan tingginya aktivitas Gunung Sinabung tersebut, PVMBG mengimbau kepada masyarakat untuk tidak masuk ke zona bahaya. Bahkan warga juga diimbau untuk selalu menggunakan masker dan kacamata saat beraktivitas di luar ruangan guna menghindari paparan abu vulkanik.

(amr)

Related posts