Wonderful Indonesia Night 2016 Hebohkan Tiongkok

Metrobatam.com, Tiongkok –  Gedung kesenian The Grand Theater of Anhui di Kota Hefei, Anhui, Tiongkok Timur, terdengar sampai di perempatan Huizhou Avenue dan Wuhu Road. Terutama saat Suryani menyudahi lagu-lagu Batak dengan ending nada suara tinggi melengking panjang, dalam pentas Wonderful Indonesia Night 2016.

Ini adalah pentas “persaudaraan” antara Indonesia-Tiongkok itu. Terlebih, ketika audience dengan cepat bisa bermusik angklung bersama-sama, belajar cepat dipandu Ikreasindo asal Bandung itu. Gedung itu menjadi penanda sukses malam Wonderful Indonesia dengan tepukan meriah audience.

Menpar Arief Yahya cukup puas dengan penampilan anak-anak Indonesia itu cukup mengundang perhatian pasar utama, Tiongkok. Memang masih ada satu dua yang belum sempurna, tetapi dalam adat Batak itu, ada istilah “Tak ada pesta yang sempurna. Selalu ada satu dua ganjalan hati yang membuat sukses itu tidak bulat. Tapi ini awal yang bagus, ke depan diperbaiki lagi, agar kelak event dengan brand Wonderful Indonesia itu selalu sempurna, ditunggu-tunggu, atau bahkan di kapasitas yang lebih besar,” kata Menpar Arief Yahya dalam keterangannya Minggu (17/4).

“Diplomasi bilateral Indonesia-Tiongkok, yang telah terjalin sejak 13 April 1950 itu terjaga dengan baik. Saat ini sudah memasuki usia ke-66 tahun. Ditambah lagi pada tahun 2013, saat pemerintah Tiongkok menerapkan kebijakan hubungan internasional “one belt one road” yang merupakan Jalur Sutra Maritim abad 21,” kata Arief yang didampingi Asdep Asia Pacific dan India, Vincensus Jamedu.

Bacaan Lainnya

Wakil Gubernur Anhui Chen Shulong juga sudah setuju, dalam pertemuan terakhir dengan rombongan Kemenpar.

Penampilan para penari Tiongkok itu juga bagus. Kolaborasi berkesenian Indonesia-Tiongkok rupanya sudah menjadi tradisi lama yang dihidupkan lagi. Target wisman ke Indonesia tahun 2016 adalah sebesar 12 juta orang dengan sekitar 5,4 juta wisman tersebut datang untuk menikmati kuliner.

Target wisman asal Tiongkok sendiri dalah sebanyak 2,1 juta wisman.

Tahun 2015, lanjut dia, wisman asal Tiongkok tercatat mencapai 1.121.066 wisman, naik sebesar 16,87% dari tahun 2014. Hingga Februari, wisman asal Tiongkok tercatat telah mencapai 267.934 wisman. Tahun 2016 ini, telah dibebaskan kewajiban memiliki visa kunjungan untuk keperluan wisata ke Indonesia bagi 169 negara, termasuk China.

Lima orang penari dari Sanggar Tari Bunaken, Manado tampil dengan menonjolkan backdrop-nya.

Begitupun penari-penari dari anak-anak orang Indonesia yang lahir dan tinggal di Tiongkok juga cukup menghibur. Seolah-olah mereka menari itu adalah penguat dari video promosi Wonderful Indonesia di banyak daerah. Dari Bunaken dan Lembah Straight, Minang Kabau dengan tarian piringnya yang khas. Tarian Betawi, tarian Papua, sampai tarian Jawa dengan campur sari yang kuat.

“Mudah-mudahan misi kami ini on track untuk menggenjot pasar Tiongkok, menuju target 20 juta di tahun 202020,” kata Vincensus. [H-15/L-8]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *