Keuntungan Menjadi Anak Sulung

Ilustrasi (Thinkstock/Fuse)

Jakarta, Apa kamu seorang anak sulung? Kalau iya, pasti punya banyak tanggung jawab untuk adik-adik di rumah. Ada tantangan tersendiri ketika menjadi anak pertama. Salah satunya menjadi contoh yang baik.

Kenapa jadi contoh yang baik? Tanpa disadari, adik-adikmu pasti mencontoh sikap yang kamu lakukan. Apalagi, kalau adikmu masih balita. Semua sikap dan sifatmu akan menginspirasinya untuk meniru.

Read More

Meski terkesan berat, menjadi anak pertama ada untungnya juga kok. Apa saja?

Lebih pintar

Penelitian menyebutkan, anak sulung memiliki IQ di atas rata-rata adik-adiknya. Hal itu didapat dari studi yang dilakukan 250 ribu orang adik kakak di Norwegia. Anak sulung memiliki IQ 2,3 poin lebih tinggi dibanding adiknya.

Lebih bertanggung jawab

Menurut Jeffrey Kluger, Penulis buku The Sibling Effect, anak sulung cenderung lebih fokus pada keluarga. Selain itu juga memiliki perasaan yang loyal dan menghargai.

Cenderung sukses

Anak sulung tidak hanya memiliki kemampuan lebih di sekolah, tetapi juga di dunia profesional kerja. Menurut Ben Dattner, psikolog dari New York, anak sulung memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.

Penurut

Bila anak tengah cenderung tidak suka aturan, berbeda dengan anak pertama. Ia lebih penurut terhadap peraturan yang dibuat dan akan mengikutinya.

Lebih teliti

Pada penelitian di tahun 2015, tim peneliti Australia menemukan bahwa anak sulung cenderung lebih teliti dan menyenangkan dibanding adik-adiknya

Related posts