oleh

Sebelum Beli Mobil Bekas, Kenali Ciri Mobil yang Bekas Kecelakaan

Metrobatam.com, Batam – Dalam membeli mobil bekas, Anda harus ekstrahati-hati. Jangan mudah tertipu hanya dari penampilan mobil, tapi Anda harus memeriksanya secara detail.

Satu hal yang paling penting Anda perhatikan adalah mencari atau menanyakan riwayat dari mobil tersebut. Bila mobil pernah mengalami kecelakaan, lebih baik Anda pikir-pikir lagi.

Namun agar Anda tidak tertipu oleh penjual mobil bekas, sebelum memutuskan untuk membeli lebih baik mengetahui ciri-ciri mobil bekas yang pernah terlibat kecelakaan. Berikut ini ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber, Kamis (28/4/2016):

1. Periksa Kap dan Ruang Mesin

Pada umumnya mobil bekas kecelakaan akan diperbaiki dan dicat ulang. Untuk itu perhatikan cat dikap mobil bila ada bekas pengecatan atau warna cat berbeda berarti patut dicurigai. Kemudian, biasanya komponen mesin dan beberapa bagian dibawah kap terkena semprotan cat.

2. Lampu dan Kaca

Mobil yang pernah mengalami kecelakaan mengakibatkan lampu utama dan belakang pecah. Curigai bila Anda melihat lampu lebih bagus atau baru dibandingkan dengan usia mobil. Kemungkinan besar pemilik mobil sudah mengganti lampu untuk menutupi bekas kecelakaan.

Kaca mobil depan juga harus diperhatikan. Pada saat terlibat kecelakaan hebat, kemungkinan besar kaca depan pecah atau rusak. Pemasangan kembali kaca mobil tidak akan sempurna seperti mobil baru. Ciri-ciri mengetahui kaca pernah diganti adalah dengan melihat sisa-sisa perekat pada dudukan atau sekeliling kaca, bila tidak rata maka sudah dapat dipastikan kaca depan pernah diganti.

3. Bodi dan Cat

Bodi mobil yang pernah mengalami kecelakaan akan menyisakan perbedaan bentuk atau lekukan walaupun sudah diperbaiki ke bengkel. Perhatikan dengan teliti apakah ada perbedaan warna cat di bodi mobil. Jika mobil yang pernah dicat ulang, meskipun dengan warna yang sama tetap saja akan ada perbedaan dengan warna aslinya.

Bila ingin mengecek mobil bekas sebaiknya dilakukan siang hari atau di luar ruangan dengan pencahayaan yang terang. Hal itu untuk mempermudah Anda membedakan warna cat dan lekukan bodi.

(Andhie Barry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed