Budi Gunawan Kandidat Terkuat Gantikan Kapolri

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Jakarta – Jenderal bintang dua tampaknya belum memiliki peluang untuk meraih jabatan sebagai Kapolri. Pasalnya, jabatan Kapolri biasanya diperuntukkan kepada mereka yang sudah memiliki bintang tiga.

Ketua Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan, dari 10 jenderal bintang tiga yang dimiliki Polri. Hanya lima nama yang disebut-sebut sebagai kandidat terkuat.

Bacaan Lainnya

“Bintang 3 di Polri ada 10 orang tapi yang paling sering disebut-sebut sebagai calon kuat itu lima. Ada BG (Budi Gunawan), Buwas (Budi Waseso), Tito Karnavian, Dwi Priyatno, dan Syafrudin,” beber Neta saat dihubungi Okezone, di Jakarta, Senin (23/5) malam.

Dari lima nama tersebut, Neta menyebut bahwa Budi Gunawan lah yang paling memenuhi syarat. Terlebih, ia sudah mendapat persetujuan di Komisi III DPR RI.

“Yang paling memenuhi syarat adalah BG. Karena dia sudah menjalani uji kepatutan di Komisi III dan sudah mendapat persetujuan DPR,” ujarnya.

Diketahui, masa jabatan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti akan segera berakhir bulan Juli mendatang. Neta mengaku menyesal mendengar penryataan Badrodin yang mengatakan ‘pensiun Alhamdulillah, tidak pensiun tidak apa-apa’.

Menurutnya, apa yang dilontarkan Badrodin kala itu menunjukkan bukti bahwa ia tidak legowo sebagai bhayangkara.
Sebaliknya, ia justru menaruh harapan besar kepada Badrodin untuk bisa mencari kandidat terbaik pengganti dirinya di masa mendatang.

“Seharusnya Haiti meniru ucapan Kapolri Sutanto yang saat muncul isu perpanjangan dengan legowo mengatakan bahwa dirinya akan mempersiapkan kader terbaik pengganti dirinya dan dia cukup sampai disini. Sehingga tidak muncul polemik dan upaya penghancuran sistem kaderisasi Polri,” tukasnya.(mb/okezone)

  • Whatsapp

Pos terkait