oleh

Daeng Soetigna, Pencipta Angklung asal Indonesia Mejeng di Google Doodle

-News, Sumatera-72 views

Metrobatam.com, Halaman Google hari ini (13/5), menampilkan seorang lelaki berkacamata yang tengah bermain angklung dengan 2 anak kecil.

Ya, sosok lelaki itu adalah Daeng Soetigna. Dia adalah salah satu seniman hebat asal Indonesia. Namanya menjadi terkenal setelah dia berhasil menciptakan angklung diatonis.

Berkat karyanya inilah, Daeng berhasil mendobrak tradisi musik Tanah Air. Dengan alat musik tradisionil Indonesia, dia mampu memainkan musik-musik kelas internasional. Dia juga aktif dalam pementasan orkes angklung di berbagai wilayah di Indonesia.

Nah, tampilan Doodle tersebut sengaja dibuat Google untuk memperingati ulang tahun Daeng Soetigna yang ke-108.

Daeng sendiri merupakan keturunan Sunda yang lahir di Garut, Jawa Barat, pada 13 Mei 1908. Karena kedua orang tuanya termasuk bangsawan Sunda, dia beruntung dapat menikmati pendidikan zaman Belanda yang saat itu masih sangat terbatas bagi pribumi.

Daeng Soetigna pensiun sebagai pegawai negari sipil pada tahun 1964 (saat berumur 56 tahun). Dengan bebasnya dia dari tugas rutin sebagai pegawai pemerintah, Daeng yang juga seorang guru itu pun aktif mengembangkan angklung diatonis. (mb/jp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed