oleh

Ini Tahapan dalam Proses Penetapan Wagub Kepri

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Paska meninggalnya Gubernur Kepri HM Sani, beberapa langkah dan mekanisme administratif kepemerintahan telah dilakukan untuk penetapan gubernur dan wakil gubernur definitif sesuai aturan. Berikut tahapan yang telah dan akan dilalui dalam proses pemilihan hingga terpilihnya wakil gubernur definitif :

  1. Pengangkatan Wakil Gubernur, Nurdin Basirun menjadi Plt Gubernur Kepri setelah melalui rapat paripurna di DPRD Kepri, diawali dengan pengumuman HM Sani berhalangan tetap sebagai gubernur.
  2. Kemudian mekanisme selanjutnya adalah DPRD Kepri telah menggelar rapat paripurna penetapan usulan pengangkatan Nurdin sebagai Gubernur Kepri pada, Selasa (10/5).
  3. Hasil rapat sudah dibawa ke Kemendagri dan pelantikan Nurdin dalam waktu dekat ini akan dilakukan, kemungkinan bersamaan dengan pelantikan Gubernur Riau dan Sumatra Utara dalam pekan ini.
  4. Jika pelantikan telah dilakukan, pengusulan minimal dua nama calon wakil gubernur oleh partai pengusung Sanur dalam Pilkada lalu.
  5. Tahapan selanjutnya adalah proses pemilihan wakil gubernur definitif melalui pemilihan di DPRD Kepri. (edj/dbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed