oleh

Karimun Peringkat 3 Tingkat Kelulusan SLTA se-Kepri

-KARIMUN-57 views

Metrobatam.com, Karimun – Tingkat kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) Sekolah Lanjutan Tingkat Atas 2016 di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, mencapai 99,86 persen.

“Meningkat dibandingkan kelulusan tahun lalu sebesar 99,09 persen. Jika dirangking dari tujuh kabupaten/kota di Kepri, maka Karimun meraih rangking 3,” kata Kepala Dinas Pendidikan Karimun Sudarmadi di Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Sudarmadi menjelaskan, jumlah siswa yang mengikuti UN SMA/sederajat 2016 sebanyak 2.930 orang, namun yang tidak lulus sebanyak empat orang.

Empat siswa yang tidak lulus itu, menurut dia, dua  dari SMAN 1 Moro, satu siswa SMK Widya dan satu siswa SMKN 1 Karimun.

Pelaksanaan UN berbasis komputer dalam jaringan  di tiga sekolah, menurut dia, juga terbilang sukses ditandai dengan lulusnya seluruh siswa di sekolah yang menyelenggarakan UN online tersebut.

Adapun tiga sekolah yang menyelenggarakan UN online, antra lain SMK Swasta Vidya Sasana, SMK Swasta Yaspika Karimun dan SMK Swasta Budi Mulya Kundur.

Sudarmadi mengatakan, kenaikan persentase kelulusan UN SMA 2016, tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari sekolah, orang tua maupun siswa.

“Kami berharap siswa yang lulus dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi,” kata dia.

Sedangkan untuk empat siswa yang tidak lulus, dia mengatakan masih ada kesempatan untuk memperbaiki nilai pada UN perbaikan yang jadwalnya ditentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, namun diperkirakan awal Juni atau awal September 2016.

UN perbaikan merupakan kebijakan Kemendikbud yang ditujukan untuk para siswa yang tidak lulus atau belum memenuhi standar kompetensi kelulusan, dengan kisi-kisi soal menggunakan kisi-kisi UN 2016.

“Jadi masih ada kesempatan. Kami berharap siswa yang tidak lulus tetap mempersiapkan diri kalau menginginkan untuk mengikuti UN perbaikan itu,” kata dia.

Kelulusan UN SMA sederajat 2016 diumumkan di 32 sekolah pada Sabtu (7/5). Sebagian siswa di beberapa sekolah Tanjung Balai Karimun merayakan kelulusannya dengan corat-coret seragam sekolahnya, dan sebagian menggelar konvoi keliling kota. (mb/antara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed