Pembalap 23 Negara Ikuti International Tour de Barelang

Metrobatam.com, Batam – Ajang balap sepeda internasional Tour de Barelang 2016 yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu (14-15/5) DI Kota Batam Kepulauan Riau akan diikuti 36 negara.

“Sebanyak 214 orang peserta yang berasal dari 23 negara sudah memastikan diri ikut Tour de Barelang tahun ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Jumat.

Ia menjelaskan, Tour de Barelang terdiri dalam dua jenis kegiatan, yaitu Race pada Sabtu (14/5) dan Granfondo pada Minggu (15/5).

Kegiatan Race yang menempuh jarak 130 km itu dibagi dalam tiga kategori sesuai dengan kecepatan peserta mengayuh sepeda.

Bacaan Lainnya

Balapan dimulai dari Pelabuhan Internasional Sekupang, menuju Jembatan 1,2,3 dan 4 Barelang, kemudian ke Pulau Sembulang melalui Jembatan 5 dan enam, kemudian memutar kembali ke jembatan 1.

“Panitia menggunakan racesesult.com untuk sistem perhitungan waktu, dan hasil pemenang bisa dilihat langsung,” kata Yusfa.

Kegiatan Race diikuti 214 orang pebalap dari 23 negara, yaitu 20 peserta dari Indonesia, 36 peserta dari Australia, 46 peserta dari Inggris, seorang peserta dari Swedia, dua peserta dari Belgia, seorang Norwegia, delapan peserta dari Amerika dan tiga dari Belanda.

Kemudian dari Perancis sebanyak empat peserta, Spanyol seorang peserta, Filipina tujuh peserta, Afrika Selatan seorang peserta, Selandia Baru tiga peserta, Kanada seorang peserta, India seorang peserta, Swiss seorang peserta dan Irlandia dua orang peserta.

Sedangkan untuk kegiatan Granfondo yang dibagi dalam empat kategori mengambil start di Alun-alun Engku Putri menuju Simpang Kepri Mall, kemudian ke Jembatan 1,2,3,4,5 dan 6 Barelang, memutar dan kembali ke Jembatan 1.

“Total jarak tempuhnya mencapai 90 km,” kata dia.

Granfondo diikuti 109 orang peserta dari 18 negara, yaitu lima peserta dari Indonesia, delapan peserta dari Australia, 17 peserta dari Inggris, 42 peserta dari Singapura, lima peserta dari Malaysia, dua peserta dari Jerman, tiga peserta dari Jepang dan dua peserta dari Amerika.

Lalu dua peserta dari Belanda, empat peserta dari Perancis, seorang peserta dari Italia, dua peserta dari Polandia, seorang dari Filipina, tiga peserta dari Selandia Baru, empat peserta dari Kanada, seorang dari Swiss, tiga peserta dari Irlandia dan empat peserta dari India. (Mb/Antara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *