Inilah Goa Tempat Berkumpulnya Jin di Timur Tengah

Metrobatam.com, Muscat – Majlis Al Jin adalah suatu goa bawah tanah di Oman yang luas, nan cantik penuh ornamen bebatuan. Tapi sesuai namanya, gua ini konon dipercaya tempat berkumpulnya jin!

Tiap negara di dunia memiliki tempat-tempat yang dianggap gaib, tak terkecuali negara-negara di kawasan Timur Tengah. Yang paling terkenal adalah, Majlis Al Jin di Oman, kawasan Timur Tengah. Zaman dulu, orang-orang tidak akan berani mendekat ke sana.

Seperti detikTravel rangkum dari informasi situs resmi pariwisata Oman (omantourism.gov.om), Senin (6/6) Majlis Al Jin berlokasi di Desa Fins di dataran tinggi Salma, kawasan Willyat Qurayyat. Dari Muskat, ibukota negara Oman, jaraknya sekitar 100 km.

Majlis Al Jin merupakan gua bawah tanah. Ketika sudah sampai di dataran tinggi Salma, kita harus trekking dulu sampai tiba di mulut guanya yang berupa lubang besar. Ya, di dalam lubang itulah pintu masuk guanya!

Bacaan Lainnya

Satu-satunya cara untuk masuk ke dalam gua adalah dengan menggunakan tali, memakai teknik Single Rope Technique (SRT) yang biasa digunakan untuk menelusuri gua-gua vertikal dengan satu tali sebagai lintasan untuk naik dan turun. Siapkan fisik dulu, karena kita akan turun ke kedalaman 1.300 meter ke bawah yang gelap gulita. Gelap abadi!

Menurut ahli geologi, Majlis Al Jin diperkirakan sudah berusia 50 juta tahun. Panjang gua ini mencapai 310 meter dan tingginya mencapai 225 meter. Total luasnya mencapai 58 ribu meter persegi dengan kapasitas volume gua 4 juta meter kubik.

Sejarah mencatat, Majlis Al Jin pertama kali ditemukan oleh sepasang petualang suami istri, Don Davidson dan Cheryl Jones pada tahun 1983. Sebenarnya, mereka ingin mencari batuan karbonat dalam pencarian untuk menemukan cadangan air bawah tanah. Namun akhirnya, mereka menemukan lubang besar jalan masuk ke gua tersebut.

Namun jauh sebelum itu, masyarakat Oman punya cerita sendiri mengenai Majlis Al Jin. Sesuai namanya, gua tersebut dipercaya sebagai tempat bertemunya para jin!

Konon, masyarakat setempat sering mendengar suara-suara dan dentuman-dentuman benda keras dari dalam lubang tersebut. Maka dari itu, tidak ada orang yang berani mendekat ke lubang guanya.

Tapi jika menurut pendapat para ahli geologi, suara-suara tersebut sebenarnya adalah hal yang lumrah. Disebabkan, adanya angin yang bertiup, memantul dan menggema di dalam gua.

Kini, pemerintah Oman menaruh perhatian serius pada Majlis Al Jin untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia. Dikarenakan, sudah banyak traveler khususnya yang suka adventure dan penjelajah gua yang datang ke sana.

Ada sensasi deg-degan saat turun pakai tali ke dasar gua. Bagian dalamnya juga sangat indah, berupa aula yang sangat luas dengan ornamen bebatuan stalagmit. Biasan cahaya yang masuk ke dalam gua dari lubang pun terlihat luar biasa menakjubkan. Yang lebih gila, beberapa traveler berani melakukan aksi terjun payung ke dalam guanya.(mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *