Kartel Daging Biadab, Dilakukan oleh Pengusaha Non Pribumi

Metrobatam.com, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta menilai pelaku kartel daging biadab karena telah mempermainkan harga daging yang dari tahun ke tahun terus naik. “Perbuatan mereka yang melakukan kartel daging itu biadab dan jangan dibiarkan,” tegas Osman Sapta dalam acara bertajuk “Presdien Jokowi dan Kartel Daging Sapi” bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi dan anggota DPR RI FPPP M Iqbal di Gedung DPR RI Jakarta.

Harga daging yang dari tahun ke tahun terus naik adalah permainan sejumlah perusahaan yang melakukan kartel. Padahal menurut Oso, begitu Osman Sapta akrab disapa, seharusnya harga daging di Indonesia itu bisa Rp70 ribu sampai Rp80 ribu/kg.

Karena itu, dia meminta pers untuk berani membungkar permainan kartel daging tersebut. “Pers harus berani menulis dan terus mengkritik soal daging ini,” pinta Oso yang mendapat juluk sahabat wartawan di lingkungan parlemen itu.

Karena itu pula, dia setuju dengan kebijakan Presiden Jokowi yang berani membuat kebijakan dengan mematok harga daging Rp80 ribu/kg. Hanya asosiasi impor daging yang menolak dengan menetapkan harga Rp130 ribu/kg,” tegas Oso.

Bacaan Lainnya

Bahkan Oso dengan secara ekplisit menyebut permainan kartel daging itu dilakukan oleh perusahaan non pribumi. “Kita harus membangun sistem, khususnya perlakuan terhadap pengusaha pribumi yang ternyata dihambat oleh kartel,” ungkap Oso.

Ia juga mengungkapkan kekecewaannya dengan sikap menteri yang tidak sepahaman soal kartel daging. Dia mencontohkan Menteri BUMN Rini Soemarno belum tahu banyak soal kartel daging sapi yang sudah berjalan selama ini.

“Karena itu wajar jika terjadi cekcok antara kementerian terkait, akibat tidak ada titik temu dan tidak kompak di internal kementerian sendiri dalam menghadapi kartel daging. Untuk membicarakan daging sapi itu tidak ada kesepakatan antara Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan dan Meneg BUMN sendiri, sehingga tidak kompak dalam menghadapi kartel daging sapi itu, dan harga daging tetap tembus Rp130 ribu,” tegas Oesman.(mb/haluan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *