Ini Alasannya, Menhub Pindahkan Pelabuhan Pelni Sekupang ke Pelabuhan Batu Ampar

Metrobatam.com, Batam – PT Pelni Cabang Batam merencanakan untuk memindahkan pelayanan dari Pelabuhan Beton Sekupang ke Pelabuhan Batuampar mulai Jumat (24/6), sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan Ignatius Johan.

“Kami baru saja rapat, dan diputuskan Selasa (21/6) ini belum bisa, jadi Jumat baru mulai pelaksanaan, Selasa masih di Pelabuhan Beton Sekupang, Jumat baru di Pelabuhan Batuampar, dengan pelayaran Tanjungpriok-Batam-Belawan,” kata Manajer Operasional Pelni Cabang Batam, Dahlan Mustofa di Batam, Senin.

Pemindahan pelabuhan Pelni merupakan instruksi Menteri Perhubungan, karena menilai Pelabuhan Beton Sekupang tidak layak untuk penumpang.

Dahlan menyatakan pemindahan pelabuhan tidak bisa dilakukan mulai awal pekan ini karena banyak hal yang harus dipersiapkan seperti keamanan dan rekayasa lalu lintas penumpang.

Bacaan Lainnya

Rencananya, pada Jumat (20/6), Pelni akan menggunakan dermaga selatan di Pelabuhan Batuampar. Terminal penumpang rencananya menggunakan ruangan yang dulu dipakai sebagai pelabuhan internasional.

“Kami sudah tinjau dermaganya, memang sekarang masih mendasar,” ucapnya.

Pelni, kata dia, akan kembali membahas berbagai masalah terkait naik-turunnya penumpang bersama Dinas Perhubungan, dan aparat terkait.

“Kami masih mau rapat ulang dengan Dishub, sesuai arahan wali Kota. Ada beberapa aspek, terutama keamanan penupang. masih ada waktu sebelum Jumat,” ujarnya.

Terpisah, Direktur Humas dan Promosi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam, Purnomo Andi Antono menyatakan Pelabuhan Batuampar belum memiliki ruang tunggu penumpang yang layak, sama seperti Pelabuhan Beton Sekupang.

Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam, sebagai pengelola Pelabuhan Batuampar meperkirakan sulit untuk memindahkan terminal Pelni dari Pelabuhan Betom Sekupang ke Pelabuhan Batuampar, seperti keinginan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta Pelabuhan Beton Sekupang Kota Batam yang selama ini digunakan untuk pelayaran KM Kelud milik PT Pelni dipindah karena dinilai tidak layak.

“Saya minta Pelabuhan Pelni dipindah ke Batuampar Senin (20/6) ini juga. Kondisinya sangat tidak layak lagi untuk melayani penumpang mudik,” kata Menteri Perhubungan usai meninjau kesiapan pelabuhan tersebut menghadapi musim mudik Lebaran.

Ia mengatakan Pelabuhan Batuampar memiliki dermaga dan fasilitas lain lebih baik dibandingkan dengan Pelabuhan Beton Sekupang yang sebenarnya tidak dirancang untuk kapal Pelni bersandar.

“Pelabuhan Batuampar bagus, terminalnya juga sudah ada. Kalau tidak ada pakai tenda saja juga bisa. Senin ini juga harus pindah,” kata dia.

Pelabuhan Beton Sekupang setiap pekan kecuali menjelang lebaran melayani dua kali pelayaran dengan KM Kelud yaitu Jakarta-Batam-Belawan dan sebaliknya.

 

(Mb/Antara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *