Program Zero Waste akan Diterapkan di Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman (DKPP) Kota Tanjungpinang akan menjalankan program yang diinstruksikan oleh pemerintah pusat di Tanjungpinang yakni Zero Waste.

“Zero waste merupakan program nasional, kita masih pelajari, karena ini bukan hal mudah untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat awam. Tentu kita perlu pendekatan dan pengkajian khusus,”ujarnya Muhammad Yatim, Kepala Bidang kebersihan, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tanjungpinang diruang kerjanya, Senin (27/6).

Yatim menjelaskan, program adalah bagaimana mengajak dan mengajarkan masyarakat untuk memamfaatkan limbah sampah. Hal ini penting untuk dilaksanakan, mengingat Tanjungpinang sudah bukan seperti dulu lagi, dimana sampah industri dan komersial semakin banyak dan tidak tertampung dengan baik. “Alangkah baiknya jika kita memilah sampah dan pergunakan kembali, sehingga sampah yang tidak berguna akan kita buang di penampungan terakhir,”ucapnya.

Program Zero Waste, lanjut Yatim, bermamfaat bagi masyarakat Kota Tanjungpinang karena bernilai ekonomi dan menambah pendapatan masyarakat. Untuk itu, edukasi terhadap masyarakat haruslah dilakukan secara benar dan terus menerus sehingga masyarakat dapat memahami program tersebut.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat harus berperan aktif dalam Program ini. Jika diberi pemahaman yang benar, Insyaallah, tentu masyarakat akan mengikuti program tersebut. Saat ini kita lihat kesadaran masyarakat masih kurang terhadap penempatan sampah,” katanya.(Budi Arifin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *