Mantap.! Pemko Batam akan Mutasi Kepsek Jika Berlakukan Uang Komite Sekolah

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mengancam akan memutasi Kepala Sekolah ke sekolah-sekolah di pulau bila kedapatan tetap memberlakukan uang komite.

“Kirim kamu ke Pulau Tujuh,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Senin.

Bacaan Lainnya

Pemkot Batam melarang seluruh sekolah meminta uang komite dari orang tua siswa karena pemerintah telah menyalurkan seluruh biaya pendidikan yang diperlukan.

Wali Kota optimistis tidak akan ada kepala sekolah yang memungut uang komite dari orang tua siswa dan melawan instruksi Wali Kota.

“Tidak mungkin ada yang berani minta, sudah ada SK Wali Kota masak mau minta juga. Mulai Juli, mulai masuk sekolah hari ini, tidak ada uang komite,” tegasnya.

Pemerintah memastikan akan membayar seluruh keperluan pendidikan di sekolah negeri, termasuk gaji guru honor. Sehingga sekolah tidak memiliki alasan untuk meminta uang komite.

“Uang honor, sudah didudukkan. Untuk sampai (APBD) perubahan, cukup,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota mengatakan penghapusan uang komite dari SD hingga SMA se-derajat diperlukan untuk mengurangi beban orang tua siswa.

Pemkot Batam sudah menerapkan penghapusan uang komite SD dan SMP terlebih dulu, sebelum memutuskan menerapkan kebijakan yang sama untuk SMA se-derajat mulai tahun ajaran 2016-2017.

“Saya melihat hari ini keuangan daerah ini sudah mencukupi. Artinya pola menengah ini kita akan hilangkan uang komite, mulai Juli,” katanya.

Pada tahun ajaran 2015-2016, seluruh SMA se-derajat negeri memungut uang komite yang dulunya bernama biaya SPP, dengan besaran antara Rp200 ribu hingga Rp300 ribuĀ  persiswa.

“Kalau sebulan Rp200 ribu kan sudah terbantu. Bisa membantu masyarakat,” kata Wali Kota.

(Mb/Antara)

Pos terkait