Pelabuhan di Kepri Akan Segera Dikembangkan

Metrobatam.com, Tanjung Pinang – Gubernur Provinsi Kepri, H Nurdin Basirun mengatakan pemerintah segera membangun serta mengembangkan pelabuhan- pelabuhan yang ada di Kepri.
Pasalnya, saat ini menurutnya, arus barang yang ada di Kepri sangat tergantung dari cepat atau lambatnya proses bongkar muat di pelabuhan yang mempengaruhi dari pada harga di pasaran. Hal ini disampaikan Nurdin dalam rapat koordinasi pengembangan dan pembangunan pelabuhan di Tanjung Balai Karimun, Kamis (25/8) malam.

“Saat ini Pemerintah Pusat sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung Indonesi menuju Poros Maritim Dunia. Kepri harus berbangga karena menjadi salah satu daerah yang terimbas hal tersebut,” ujar Nurdin.

Apalagi, lanjut Nurdin, Kepri merupakan jalur pelayaran internasional terpadat, yakni sekitar 94 ribu kapal yang lalu lalang di Selat Malaka.
Untuk itulah, ia berharap seluruh stake holder mendukung program pembangunan pelabuhan ini dikarenakan sangat banyak manfaat yang akan didapat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Muramis mengatakan untuk Kabupaten Karimun, penyediaan lahan pembangunan pelabuhan sudah dipersiapkan oleh Pemkab Karimun.

Bacaan Lainnya

“Rencananya pelabuhan akan dibangun di Tanjung Penagak, Kelurahan Tebing Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun. Kawasan ini akan digunakan untuk Pelabuhan Domestik, Pelabuhan Internasional dan Pelabuhan Bongkar Muat,” kata Muramis.

Menurut Muramis, Dinas Perhubungan Kepri sudah menyiapkan beberapa arahan Gubernur Kepri seperti SK Pembangunan Pelabuhan di Karimun dan lain sebagainya.

Pada kesempatan itu, Sekda Karimun, Arief Fadillah menyebutkan, Gubernur Kepri sangat memahami kondisi pelabuhan yang ada di Tanjung Balai Karimun saat ini, dikarenakan sebelumnya pernah menjabat Bupati sebanyak 2 periode.

“Pelabuhan inilah yang dari zaman ke zaman selalu mengalami beberapa kendala seperti perluasan dermaga yang terkendala lahan, ruang tunggu penumpang yang penuh sesak dan area parkir yang semeraut,” kata Arief.

Dengan adanya penambahan pembangunan pelabuhan ini, kata Arief, Pemkab Karimun sangat mendukung pembangunan pelabuhan tersebut karena penataan kota serta pembangunan transportasi laut lebih terarah.

Sementara itu, GM Pelindo I Cab TBK Ramadhana menyebutkan, pada prinsipnya Direksi Pelindo I sangat mendukung program pengembangan dan pembangunan pelabuhan.

Pelindo juga berkomitmen ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasa pelabuhan. “Pembangunan pelabuhan sudah dibahas sebelumnya dengan Dewan Direksi yang berencana akan melakukan perbaikan seperti pelebaran dermaga,” kata Ramadhana.

Mb/Haluan Kepri

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *