Riau Ega Agatha, Kalahkan Pemanah Nomor Satu Dunia

Riau Ega

Metrobatam.com Rio de Janeiro – Kejutan terjadi di cabang olahraga panahan di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016. Atlet panahan Indonesia, Riau Ega Agatha, sukses menaklukkan juara dunia dan pemanah nomor satu dunia, Kim Woo-jin.

Berlaga di Sambodromo, Senin 8 Agustus 2016, Ega sukses mengalahkan wakil Korea Selatan tersebut, yang merupakan salah satu kandidat juara recurve individu putra di ajang ini. Bahkan, kemenangannya pun cukup meyakinkan, yakni dengan skor 6-2.

Siapakah Ega? Pria kelahiran Blitar, 25 November 1991 ini sebenarnya berstatus debutan di ajang Olimpiade. Namun, bila berbicara pengalaman, dia sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

Rekornya di ajang panahan bisa dibilang sangat baik. Bagaimana tidak, dia sudah dua kali meraih medali emas pada saat berlaga di recurve beregu campuran SEA Games pada 2011 dan 2015.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Ega sempat ikut serta dalam Kejuaraan Panahan Dunia 2011. Atlet 24 tahun ini juga berkompetisi dalam pertandingan recurve tunggal putra dan recurve beregu pada Kejuaraan Panahan Dunia 2015 di Copenhagen, Denmark.

Keberhasilan Ega menaklukkan Kim membawanya lolos ke babak 16 besar. Dia akan menghadapi atlet panahan asal Italia, Mauro Nespoli, Jumat 12 Agustus 2016.

Tentunya, Ega diharapkan bisa membawa panahan kembali berjaya di Olimpiade. Satu-satunya medali cabang panahan diraih di Olimpiade Seoul 1988. Saat itu, tiga srikandi Indonesia: Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani berhasil meraih medali perak di nomor beregu putri.

 

Mb/Vivanews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *