Safari Ramadhan Terpilih Jadi Ketua DPD PAN Batam, Berikut Profilnya

Metrobatam.com, Batam – Tim Formatur Musyawarah Daerah Partai Amanah Nasional (PAN) Kota Batam akhirnya sepakat memilih Safari Ramadhan menjadi Ketua DPD PAN Batam periode 2016-2021 menggantikan Yudi Kurnain. Sedangkan untuk posisi Sekretaris dipercayakan kepada Edward Brando, yang sekarang menjabat sebagai anggota DPRD Batam.

Musda PAN ke-5 yang digelar di Hotel Vista, Batam, Jumat (5/8/2016) siang berlangsung lancar dan demokratis berdasarkan musyawarah dan mufakat. Dalam musda kali ini mendaftar sebanyak 16 orang sebagai tim formatur. Sesuai mekanisme aturan di PAN, Tim formatur ini melakukan musyawarah dan mufakat untuk menentukan 4 orang calon ketua, sedangkan satu orang lagi berasal dari DPW. Kemudian lima orang ini melakukan musyawarah dan mufakat lagi mementukan siapa ketua.

Setelah terpilih menjadi Ketua, Safari Ramadhan memohon dukungan masyarakat Batam agar kedepannya bisa membawa dan membesarkan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Mohon do’a dan dukungan dari masyarakat Batam semoga kami amanah membesarkan Partai PAN kedepan dan dapat membawa kemaslahatan masyarakat Batam,” ujar Safari Ramadhan.

Bacaan Lainnya

Safari yang akrab dipanggil Buya ini mengajak seluruh tokoh masyarakat, tokoh muda, aktifis dan warga Batam untuk bergabung bersama PAN Batam. “Kami mengajak tokoh masyarakat tokoh muda, aktivis dan warga Batam silahkan bergabung bersama PAN,” kata Safari.

Safari Ramadhan merupakan salah satu politisi termuda yang duduk di DPRD Batam. Dia dilantik sebagai anggota DPRD Batam ketika masih berumur 32 tahun. Sebelumnya, tidak ada yang menduga politisi surau ini bisa duduk sebagai anggota legislatif, bahkan bisa dipercaya Ketua Fraksi PAN, apalagi Ketua DPD PAN Kota Batam. Siapa dia dan bagaimana latar belakangnya. Berikut profilnya kami ulaskan.

Politisi yang Berangkat dari Guru Ngaji

Safari Ramadhan,S.Pd.I lahir di Sumatera Barat, tepatnya di Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar 34 tahun yang lalu. Dia dididik dan ditempa dalam keluarga yang agamis. Anak ke 5 dari 8 bersaudara, ayahnya bernama G. Datuk Tanaro seorang guru Tarekat di Batusangkar.

Semasa sekolah Safari Ramadhan sering tidur di masjid, bahkan dia juga menjadi garin di masjid dikampung halamannya Batusangkar, Sumatera Barat. Kebiasaan dan kegigihannya menimba ilmu agama dari dini, membawanya menjuarai beberapa event-event keagamaan seperti juara Lomba Dakwah Pelajar se-Sumatera Barat dan terpilih mewakili RRI untuk ikut lomba Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) di Banjar Masin.

Sosoknya yang sederhana dan religius, tak salah jika dia dipanggil Buya oleh teman sejawat dalam pergaulan sehari-hari. Safari Ramadhan dikaruniai empat orang putera yakni Muhammad Hamka (8), Muhammad Hilal Ramadhan (5), Muhammad Hatta Al Kiram, (3) dan anak keempat Muhammad Abbas Hamzah Ramadhan (1). Keempat putera tersebut merupakan buah cintanya dengan Leli Pama Putri, gadis minang berusia 26 tahun sebagai istri, yang juga berasal dari Sumatera Barat, tepatnya Lubuk Basung Agam.

Ditahun 2014 mencoba peruntungan di jalur politik. PAN dipilihnya sebagai kendaraan politik karena sangat cocok dengan ideologi dan flatform partainya. Berkat kerja keras dan sungguh-sungguh bersama sahabat-sahabatnya, dia terpilih menjadi anggota DPRD Kota Batam dari Dapil V Batu Aji, Sekupang dan Belakang Padang. Di DPRD Kota Batam, Safari menjabat menjadi Ketua Fraksi PAN di DPRD Kota Batam, Anggota Bamus DPRD Batam, Anggota Badan Kehormatan BK DPRD Batam.

Safari Ramadhan, S.Pd.I adalah salah seorang politisi muda yang patut menjadi contoh. Kenapa tidak, dengan usia yang relatif muda dia sekarang sudah dipercaya menjadi wakil rakyat mengalahkan politisi-politisi senior. Dia tidak mengandalkan finasial yang banyak untuk duduk di Engku Puteri Batam Centre, Sebelum menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Batam dari Partai Amanat Nasional (PAN), Safari mengawali karir organisasi dan politiknya dari tingkat bawah. Ditempat tinggalnya di Batuaji, Safari Ramadhan dipercaya warga menjadi Ketua RW 12 Batu Aji. Selain itu, saat ini dia juga aktif sebagai Ketua Ketua BMG TPQ Batu Aji dan juga sebagai Wakil Ketua Persatuan Mubaliq Batam (PMB).

Dalam paguyuban, Safari Ramadhan juga selalu aktif. Dia dipercaya menjadi pengurus Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kota Batam, pengurus Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Kota Batam dan Pembina Komunitas Minang Batam (KMB) dan juga Komunitas Komunitas lainnya asal Sumbar.

“Hidup Adalah Ibadah” itulah motto Safari Ramadhan. Pria berpenampilan rapi ini dalam keseharian selalu aktif dalam kegiatan keagamaan maupun kegiatan sosial. Dia berjalan dari masjid ke masjid, surau ke surau untuk memberikan tausiah dan pengetahuan agama yang dimilikinya.

Menjaga etika dan berbicara dengan bahasa yang santun dalam berkomunikasi membuat orang senang dan nyaman bertemu dan mendengar suaranya. Selalu peka terhadap persoalan yang terjadi ditengah masyarakat itulah prinsip yang dipegang teguhnya, apalagi terkait dengan masalah pendidikan, kesehatan dan ketenagakerjaan, tepatnya dengan bidangnya di Komisi IV.

Tak heran jika dia sukses menjalankan tugas-tugasnya sebagai wakil rakyat sesuai tugas dan fungsinya. Meski kesibukannya sebagai anggota dewan sangat banyak, namun dia masih aktif mengisi pengajian di masjid-masjid. Memberi tausiah untuk majlis taklim, mengisi khutbah Jum’at serta mengajar mengaji di TPQ yg di binanya. (edj/dbs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *