Vietnam Arahkan Peluncur Roket Ke Landasan Pacu Buatan China di LCS

Metrobatam.com, Vietnam – Diam-diam Vietnam menaruh peluncur roket di Kepulauan Spratly di Laut China Selatan. Roket tersebut diarahkan ke landasan pacu yang dibuat China di kawasan tersebut.

Menanggapi hal tersebut Kementerian Luar Negeri Indonesia kembali mengajak semua anggota negara ASEAN dan China untuk menjaga kesepakatan bersama yang sudah dikeluarkan saat pertemuan tingkat menlu se-ASEAN akhir Juli lalu.

Bacaan Lainnya

“Indonesia dan negara ASEAN baru dua minggu lalu menyepakati komitmen untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan. Jadi ini yang akan kita dorong agar semua negara di kawasan berkontribusi terhadap stabilitas keamanan di kawasan,” ucap Arrmanatha saat ditemui di Bakoel Koffie, Jakarta, Kamis (11/8).

Pria akrab disapa Tata ini menyebutkan kontribusi tersebut harus dilakukan oleh semua negara ASEAN. Menurut dia, stabilitas dan perdamaian di kawasan bukan hanya kepentingan ASEAN saja.

“Ini kepentingan sebagian besar negara di Asia. Karena jika dilanggar, banyak sekali dampaknya, terhadap perdagangan, pembangunan kawasan dan dunia. Ini berpengaruh,” lanjut dia.

Dengan menjaga stabilitas dan perdamaian, sambung Tata, tensi di wilayah Laut China Selatan akan mereda. Sementara itu, ASEAN dengan China juga mempunyai pernyataan bersama.

Dalam pernyataan tersebut Beijing dan negara-negara ASEAN sepakat untuk menekan tensi dan menjaga keamanan di Laut China Selatan.

Awal September mendatang, ASEAN Summit 2016 akan digelar di Vientiane, Laos. Dalam pertemuan para kepala negara ASEAN ini, dipastikan akan dibahas mengenai tensi yang meninggi di Laut China Selatan secara menyeluruh.

Mb/Merdeka

Pos terkait