5 Tips Cara Habiskan Uang Dengan Benar

Metrobatam, Jakarta – Para orangtua selalu mengajarkan anak-anak mereka untuk menabung dari sedini mungkin. Bahkan sebagian orangtua mengajarkan anaknya untuk terlalu berhemat hingga sulit menikmati seluruh barang yang dibelinya. Tahukah Anda bahwa jika terlalu berhemat menurunkan kadar kebahagiaan Anda?

Sebenarnya bukan masalah jika Anda mengeluarkan uang dalam jumlah besar selama barang yang dibeli memang dibutuhkan. Mengeluarkan uang dengan memperhatikan kebutuhan sendiri dan orang terdekat dapat membuat Anda merasa bahagia. Perasaan tersebut nantinya akan berdampak positif dan membuat Anda termotivasi dan lebih bersemangat bekerja.

1. Menabung untuk masa depan
Menabung merupakan salah satu cara menghabiskan uang yang dapat memberikan kebahagiaan Anda di masa mendatang. Di masa yang akan datang mungkin harga-harga barang akan naik dan Anda bisa tetap membelinya karena memiliki tabungan yang cukup. Tabungan tersebut dapat berupa reksa dana, deposito, tabungan pensiun dan berbagai bentuk simpanan lainnya.

2. Pakaian yang bagus
Mengeluarkan terlalu banyak uang untuk membeli pakaian memang bukanlah hal yang bagus terlebih jika Anda merupakan seorang penggila belanja. Tapi ingat, membeli pakaian bagus wajar Anda lakukan. Lebih dari itu, pakaian yang baik juga membuat Anda merasa percaya diri dan bahagia. Anda juga dapat memberikan kesan yang baik di hadapan teman dan keluarga. Pastikan Anda membeli pakaian setiap bulan dan jangan sampai melebihi anggaran pribadi.

Bacaan Lainnya

3. Asuransi
Bencana dan kejadian buruk bisa datang kapan saja secara mendadak. Oleh karena itu, mengikuti program asuransi merupakan hal penting untuk hidup Anda. Dengan begitu, ketika kejadian buruk menimpa, Anda dapat melakukan tindakan cepat tanpa tersendat masalah keuangan.

4. Berwisata
Liburan merupakan salah satu aktivitas sangat penting dalam kehidupan. Tanpa liburan, Anda hanya akan menjadi pecandu karir dan tak berhenti bekerja.

Menjadi seorang workaholic berarti Anda tak bisa menikmati berbagai kebaikan hidup. Jangan pernah merasa bersalah karena menghabiskan uang pada hal-hal yang membuat Anda bahagia.Anda bisa pergi liburan ke pantai atau ke luar negeri.

5. Hadiah untuk keluarga
Tidak ada gunanya bekerja keras jika Anda tidak dapat berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang Anda sayangi saat telah menerima hasil kerja keras Anda. Sisihkanlah sebagian penghasilan Anda untuk membeli hadiah-hadiah sederhana bagi keluarga.

Saat melihat orang-orang terdekat bergembira, Anda tentu merasakan kebahagiaan yang sama. Berhemat memang baik, Tapi jika Anda terlalu mengirit Anda tidak akan menikmati hidup Anda.

Dapatkan eBook Tentang “61 Rahasia Menjadi Kaya” senilai Rp 997.000. Khusus Untuk Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Kasih Gratis, Terbatas Untuk 100 Orang Pembaca. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *