Bayi Berkepala Dua Lahir di Makassar

Metrobatam.com, Makasar – Bayi kembar siam berbadan satu dan berkepala dua lahir di RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Rabu (14/9) pukul 09.45 Wita. Bayi itu dilahirkan dengan operasi caesar.

Direktur Umum dan Operasional RSUP Wahidin Sudirohusodo, dr Sriwati Palaguna kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/9/2016), mengatakan, bayi tersebut masih dalam penanganan intensif di ruang Neonatal Intensif Care Unit (NICU) di lantai 1 gedung perawatan Lontara.

“Kita belum tahu persis bagaimana organ-organ dalam tubuh bayi. Karena kita tunggu kondisi bayi membaik di bawah penanggung jawab dr Ema Alasiry SpA. Kalau kondisi sudah membaik, barulah kita periksa semua organ-organ di dalam tubuhnya,” tuturnya.

Sriwati mengungkapkan, ibu bayi berinisial F berusia sekitar 30-an tahun ini masuk ke RSUP Wahidin Sudirohusodo, Selasa (13/9) sekitar pukul 11.30 Wita. Namun tim dokter persalinan mendeteksi bayi dalam kandungan F tidak normal, maka diputuskan untuk dilakukan operasi caesar.

Bacaan Lainnya

“Bayi itu anak kedua F lahir kondisi tidak normal, namun berat normal. Makanya langsung dilakukan resusitasi atau tindakan pengembalian fungsi pernapasan dan fungsi jantung guna melangsungkan hidup bayi. Bayi itu diberikan bantuan alat pernapasan,” jelasnya.

Sriwati mengaku belum banyak mengantongi data-data kondisi bayi berkepala dua itu. Karena tim dokter masih fokus penanganan bayi.

“Soal organ tubuhnya bagian dalam apakah satu atau dua, kami belum tahu. Termasuk jantungnya apakah satu atau dua. Jelas fisik luar, tangan dua, kaki dua, satu badan dan dua leher serta kepala. Kalau jenis kelamin bayi itu laki-laki atau perempuan, kami juga belum tahu,” terangnya.

Terkait lahirnya bayi kembar siam di Sulsel, tambah Sriwati, pihaknya telah menangani dua kasus. Sebelumnya ada bayi kembar siam berhasil dipisahkan melalui operasi, namun hanya beberapa lama bisa bertahan hidup.

 

(mb/kompas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *