Lantamal IV Tanjungpinang Peringati HUT TNI AL

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) yang ke 71. Seluruh kesatuan TNI AL yang di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan upacara di lapangan apel Mako Lantamal IV Tanjungpinang, jalan Yos Sudarso nomor 1, Batu Hitam Tanjungpinang, Selasa (13/9).

Tema yang diangkat dalam peringatan HUT TNI AL yang adalah “Melalui Aktualisasi Nilai-nilai Trisila, Kita tingkatkan Pencapaian tugas-tugas TNI Angkatan Laut dalam Mendukung Pembangunan Nasional”.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S. Irawan, S.E , selaku Inspektur Upacara mengatakan sejarah mencatat bahwa TNI AL senantiasa berkontribusi pada upaya mewujudkan tujuan nasional khususnya dibidang pertahanan. Trisila TNI AL , yakni disiplin, hierarki dan kehormatan militer, adalah nilai luhur yang telah kita jadikan pedoman dalam berfikir, bertutur dan bertindak baik sebagai personel TNI AL maupun sebagai pribadi anggota masyarakat.

“Oleh karena itu, dengan dilandasi ketiga nilai tersebut, tugas- tugas TNI Angkatan Laut dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap individu atau secara kolektif. Keberhasilan pelaksanaan semua bentuk tugas yang dimandatkan negara secara langsung akan mendorong tercapainya tujuan pembangunan nasional terutama dalam mendukung kebijakan pemerintah saat ini,” tegas Laksamana Pertama S Irawan.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Irawan, bersama bahwa perkembangan kemaritiman Indonesia saat ini memasuki babak baru dengan hadirnya pemerintah yang memiliki keinginan kuat menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Gagasan ini tidak hanya ditujukan untuk mewujudkan ketahanan nasional tetapi juga ketahanan regional dan global.

Pada konteks inilah, Lanjutnya TNI AL berperan sebagai komponen utama pertahanan laut dan berfungsi sebagai penangkal, penindak dan pemulih. Kesemuanya harus mampu dijalankan dengan baik agar pelaksanaan pembangunan nasional terbebas dari ancaman, tantangan, gangguan dan hambatan.

Turut hadir dalam upacara ini diantaranya Wadan Lantamal IV, Karumkital dr. Midiyato Suratani, Danwing Udara 2, para Asisten Danlantamal IV, dan para Kadis/Kasatker Lantamal IV serta Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang. (Budi Arifin).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *