Menpan-RB Asman Abnur: PNS Jangan Main-Main dengan Pungli

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur

Metrobatam.com, Batam – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengingatkan aparatur sipil negara tidak bermain-main dengan pungutan liar (Pungli), karena pemerintah bersikap tegas dengan segala bentuk pungutan di luar peraturan.

“Tidak boleh main-main, tidak ada lagi pungutan liar,” kata Asman Abnur usai meninjau Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota dan Badan Pengusahaan Kawasan Batam, Jumat.

Ia mengingatkan pemerintah telah membentuk Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) sebagai bentuk keseriusan pemerintah meniadakan praktek ilegal, terutama dalam pelayanan publik.

“Pelayanan itu hak-nya rakyat, jadi kita jangan main-main dengan pelayanan publik,” kata pria yang pernah menjabat Wakil Wali Kota Batam itu.

Bacaan Lainnya

Selain membentuk OPP, pemerintah juga menggalakkan pelayanan dengan teknologi IT untuk meminimalkan pertemuan antara pejabat dengan masyarakakt.

Ia berharap ke depannya pelayanan publik bisa transparan, pembayaran semua dilakukan melalui perbankan.

“Sudah ada bank. Melalui bank saja nantinya. Iuran untuk negara, PAD APBD maupun PNBP,” katanya.

Sementara itu, Asman juga mendorong agar perizinan dan pelayanan masyarakat di Kota Batam dapat menjadi percontohan nasional.

Ia mendorong agar seluruh perizinan disatukan di dalam Gedung Sumatera Expo, baik itu pelayanan dari Pemkot Batam, BP Kawasan Batam dan Provinsi kepulauan Riau.

Penyatuan itu dinilai penting, demi memudahkan masyarakat dalam pengurusan segala bentuk perizinan yang diberikan Pemkot, BP Kawasan dan Pemprov.

“Kami ingin Gedung Sumatera menjadi perekat antara BP Kawasan, Pemkot dan Gubernur. Semua perizinan satu pintu melalui gedung ini,” katanya menegaskan.

Di tempat yang sama, Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun mengatakan penyatuan seluruh perizinan di satu gedung merupakan solusi untuk memotong jalur birokrasi.

“Kami dapat formula, gedung ini perekat pusat dari pelayanan di Kepri,” katanya.

Sejak awal pembangunan Batam pun, pemerintah menginginkan kota itu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional, lanjut Gubernur.

Mb/Antara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *