Lalai Nonaktifkan Rem Parkir Bisa Bikin Rem Blong

Metrobatam.com (Mb) – Pastinya sudah banyak yang tahu kegunaan dari hand brake atau rem parkir pada mobil.

Hand brake atau biasa disebut juga parking brake merupakan fitur yang dapat menahan laju mobil.

Ia sangat berguna saat berhenti di lampu merah atau berkendara di tengah kemacetan macet.

Akan tetapi, jangan lupa untuk melepas hand brake, karena kalau sampai lupa nonaktifkan rem parkir bisa bikin rem blong.

Bacaan Lainnya

Meski parking brake ini memiliki kegunaan untuk menahan laju mobil, tapi jika pengemudi tidak waspada untuk menonaktifkan bisa berakibat fatal.

Menurut Marcel Kurniawan, Training and Development Manager Real Driving Centre (RDC), untungnya saat ini sudah banyak mobil yang memberikan warning kalau parking brake masih aktif.

“Pengemudi yang main tancap gas saja akan mendapat peringatan bahwa fitur tersebut masih aktif. Nah, ini bisa menjadi bantuan bagi pengemudi,” ujar Marcel.

Dirinya pun mengungkapkan namun bila tidak ada, pengendara perlu konsentrasi atau jangan ‘blank’, sehingga urutan SOP mengemudi dapat dijalankan dengan benar.

“Karena kalau parking brake tetap aktif saat mobil melaju, dapat menyebabkan boros, dan rem panas bahkan bisa menyebabkan rem blong,” imbuh Marcel.

Dirinya pun melanjutkan kalau di RDC selalu mengajarkan, sebelum memulai menjalankan kendaraan, perlu diperhatikan lampu indikator di dasbor.

“Apakah ada lampu indikator berwarna merah masih menyala, jika iya berarti jangan jalan dahulu,” tutup Marc

Mb/msn

Pos terkait