PLN Batam Gelar Kesiapan Peralatan Kerja & Perlengkapan APD

Metrobatam.com Batam – Bertempat di Kantor Services Business Unit (SBU), bright PLN Batam mengadakan Gelar Kesiapan Peralatan Kerja dan Perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) Serta Mobil Armada Teknik, Jum’at, (02/12) kemaren. Kegiatan merupakan salah satu bentuk kepedulian bright PLN Batam untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja.

Kegiatan Inspeksi dan Gelar Peralatan ini rutin dilakukan setiap triwulan atau tiga bulan sekali. Adapun pemerikaaan dilakukan kepada seluruh tim teknik yang bertugas dilapangan, baik yang berada di Unit-unit Retail, Unit Quick Respond (QR) serta Unit Support (penyambungan dan pemeliharaan distribusi) yang berada di kantor SBU.

Selain untuk bentuk kepedulian bright PLN untuk kesehatan dan lingkungan, kegiatan ini juga merupakan bertujuan untuk agar kondisi perlengkapan peralatan kerja berada dalam keadaan yang selalu siap pakai dan diperiksa kondisi fisiknya apakah masih layak atau tidak. Selain itu juga untuk mempersiapkan peralatan dan armada yang menunjang pelayanan kepada pelanggan, termasuk gangguan.

Leader of HSE bright PLN Batam, Gunarto, dalam sambutannya mengatakan gelar peralatan ini dilakukan bukan sekedar untuk diperagakan dan dipajang saja, namun harus digunakan dengan benar dan disiplin. “Selain peralatan kerja hal lain yang tak kalah penting adalah perlengkapan keselamatan kerja tersebut harus digunakan oleh setiap petugas pengawas teknik saat mereka terjun langsung kelapangan,” ujar Gunarto.

Bacaan Lainnya

“Hal serupa juga diterapkan saat melakukan perbaikan jaringan dan tiang, terutama pekerjaan yang mengharuskan petugas untuk masuk ke Gardu Distribusi dimana kategori tingkat resikonya cukup tinggi, maka setiap petugas harus mematuhi serta memahami SOP sehingga penggunaan peralatan kerja sesuai dengan fungsi dan kegunaannya,” tambahnya lagi.

Ia juga menambahkan agar seiap petugas dilapangan selalu memastikan setiap peralatan berfungsi dengan baik untuk melindungi diri. “Memang kecelakan kadang diluar kuasa kita, namun hal itu sering terjadi akibat manajemen resiko dan peralatan yang tidak dipersiapkan dengan baik. Hal itu akan berfungsi untuk meminimalisir resiko atau dampak yang diakibatkan kecelakaan kalaupun terjadi. Safety is our priority,” pungkasnya.

Gelar Kesiapan Peralatan Kerja dan Perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) Serta Mobil Armada Teknik merupakan bentuk komitmen bright PLN Batam untuk selalu menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SM K3). Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kecelakaan atau zero accident, yang merupakan salah satu indicator kinerja perusahaan. Namun yang paling penting dari itu semua Gelar Peralatan ini berfungsi untuk melindungi diri, rekan kerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi sekitar lingkungan kerja.(MB/Iswandi)

Pos terkait