Bandara Alami Gangguan Sistem, Ribuan Penumpang Antre Panjang

Washington – Sistem komputer perlindungan perbatasan dan bea cukai Amerika Serikat (AS) di sejumlah bandara mengalami gangguan selama empat jam. Akibatnya, ribuan penumpang yang baru kembali dari liburan Tahun Baru harus mengantre panjang di loket imigrasi untuk masuk ke AS.

“Pada tahap ini, tidak ada indikasi bahwa gangguan layanan ini dipicu oleh tindak kejahatan,” ujar juru bicara Badan Perlindungan Perbatasan dan Bea Cukai AS (CBP) Jennifer Evanitsky dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters, Selasa (3/1).

Gangguan sistem komputer ini terjadi selama 4 jam pada Senin (2/1), mulai dari pukul 17.00 hingga pukul 21.00 waktu setempat, ini memicu antrean panjang pada loket imigrasi. Bandara-bandara di berbagai kota AS seperti di New York, Los Angeles, Miami, Boston dan Atlanta terkena dampaknya.

Berbagai foto yang beredar di media sosial menunjukkan antrean panjang di sejumlah bandara. Antrean terjadi saat orang-orang hendak melewati loket imigrasi dan bea cukai.

Bacaan Lainnya

Kini, seluruh layanan di bandara-bandara itu telah kembali normal. “Selama gangguan sistem terjadi, CBP mendapatkan akses kepada database terkait keamanan nasional dan seluruh penumpang diperiksa menurut standar keamanan,” sebut Evanitsky.

Namun hal itu tidak cukup bagi ribuan penumpang yang lelah dan kesal yang baru saja tiba di AS. Mereka terpaksa mengantre panjang sebelum bisa masuk ke wilayah AS.

Dituturkan seorang pejabat pada Bandara Internasional Miami kepada media AS, NBC dan dilansir AFP, bahwa para penumpang dari 30 penerbangan internasional terkena dampak gangguan sistem ini. Salah satu penumpang menuturkan kepada NBC bahwa ada dua penumpang lain yang pingsan saat sedang antre.(mb/detik)

Pos terkait