Bupati Selingkuh Dimakzulkan, Mendagri: Silakan!

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Metrobatam, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mempersilakan DPRD Katingan, Kalteng jika berencana akan memakzulkan Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie atas dugaan kasus perzinahan.

“Silakan saja, Ya, Kemendagri tunggu saja dulu kan ada gubernur ada DPRD yang wakil rakyat dan ada UU yang mengatur,” ujar Tjahjo melalui pesan singkat Whatsapp, Rabu (11/1).

Ia mengatakan, hingga kini belum menerima surat dari DPRD Katingan terkait rencana pemakzulan Bupati Katingan Ahmad Yantenglie. Selama belum menerima surat pemazullan, Kemendagri tetap menunggu keputusan hukum tetap. “Kami tetap menggunakan asas hukum keputusan hukum tetap,” ujar Tjahjo.

Sementara Gubernur Kalteng Sugianto berpendapat, sebelum dimakzulkan, lebih baik Yantenglie mengundurkan diri. “Kalau orang punya moral kan sebenarnya mundur sendiri lebih bagus,” kata ujarnya, Selasa (10/1).

Bacaan Lainnya

“Saya imbau saja selaku bapak masyarakat Kalimantan Tengah, saya tetap akan ambil tindakan tegas, nah tapi kan yang bisa memberhentikan bukan saya, tapi DPRD-nya,” imbuhnya.

Sugianto bercerita istri Yantenglie sempat menemui dirinya dan merasa iba atas hal yang menimpa keluarga Yantenglie. Menurutnya, yang terpenting Yantenglie telah sadar akan kesalahannya.

“Saya yang kasihan itu sama keluarganya karena istrinya datang ke saya itu nangis-nangis, istrinya baik, penyabar, lalu dia datang bersama Pak Yantenglie ke saya. Jujur saya malas bahas masalah aib karena orang di dunia ini mana sih yang nggak pernah berbuat salah, khilaf, kan yang penting kan cepat sadar,” jelasnya.

Kembali ke soal pemakzulan, Sugianto berujar keinginan anggota DPRD Katingan berkunjung ke DPRD Garut, yang sebelumnya pernah memakzulkan eks Bupati Aceng Fikri, tidaklah harus dilakukan. Dia ingin semua pihak tetap menunggu proses hukum yang bergulir.

“Saya tidak mengatakan (berkunjung ke Garut) harus dilaksanakan, kan menunggu proses hukum. Nah kita lihat DPRD itu langkahnya apa. Kalau anggota DPRD ke Garut semua ketemu dengan orang Garut yang cantik-cantik, nanti ditangkap orang lagi nanti,” tambahnya seraya tertawa.(mb/okezone/detik)

Pos terkait