Everton Permalukan City 4-0

Liverpool – Everton meraih kemenangan telak saat menjamu Manchester City dalam lanjutan Premier League. The Toffees mempermalukan tamunya itu dengan skor meyakinkan 4-0. Menghadapi City di Goodison Park, Minggu (15/1), Everton sebenarnya kalah penguasaan bola. Mereka lebih banyak bertahan dan membiarkan City mendominasi.

Akan tetapi, serangan-serangan Everton ternyata lebih efektif, sementara City tumpul. Tim tuan rumah empat kali menjebol gawang Claudio Bravo, masing-masing lewat Romelu Lukaku pada menit ke-34, Kevin Mirallas pada menit ke-47, Tom Davies pada menit ke-79, dan Ademola Lookman pada menit keempat injury time.

Dengan hasil ini, Everton menempati posisi ketujuh di klasemen sementara dengan 33 poin dari 21 laga. City tetap berada di peringkat kelima dengan 42 poin, tertinggal sepuluh poin dari Chelsea yang memuncaki klasemen.

Jalannya Pertandingan
Mirallas menjebol gawang City pada menit kesembilan. Namun, wasit tak mengesahkannya sebagai gol karena lebih dulu terjadi offside.

Bacaan Lainnya

Tak berselang lama, City meminta penalti setelah Raheem Sterling jatuh ketika hendak melewati kiper Everton, Joel Robles. Namun, wasit mengabaikannya dan membiarkan permainan terus berjalan.

City yang lebih unggul dalam penguasaan bola punya kans untuk unggul pada menit ke-25. Namun, sontekan Sterling meneruskan umpan Kevin De Bruyne dengan mudah ditangkap oleh Joel.

Peluang lebih baik didapatkan David Silva tiga menit kemudian. Silva berdiri bebas saat menerima umpan matang dari De Bruyne, tapi ruang tembaknya lebih dulu ditutup oleh Joel.

Everton memimpin saat pertandingan berusia 34 menit setelah Lukaku menjebol gawang City. Gol ini berawal dari umpan terobosan yang dikirimkan Davies kepada Mirallas. Mirallas yang bergerak di sisi kanan lantas mengirimkan umpan mendatar ke arah Lukaku. Lukaku berdiri cukup bebas di kotak penalti City dan tembakan kaki kirinya tak bisa dihentikan Claudio Bravo.

Sterling nyaris menyamakan skor pada menit ke-38. Namun, tembakannya dari luar kotak penalti masih sedikit melenceng.

Di menit-menit akhir babak pertama, Bacary Sagna juga nyaris saja bikin gol. Bola sundulannya sudah mengarah ke gawang Everton, tapi dihalau Davies di garis gawang. Hingga turun minum, skor tak berubah. Everton masih unggul satu gol atas City.

Everton mengawali babak kedua dengan sangat baik. Tim tuan rumah memperbesar keunggulan mereka menjadi 2-0 berkat gol Mirallas. Dalam sebuah serangan balik, operan Ross Barkley dituntaskan oleh Mirallas dengan sebuah tembakan menyilang yang tak bisa dijangkau Bravo.

Dalam posisi tertinggal dua gol, City berusaha menambah daya gedor dengan memasukkan Kelechi Iheanacho. Sebaliknya, Everton berusaha melindungi keunggulan mereka dengan menarik keluar Mirallas dan menurunkan Morgan Schneiderlin.

Meski sangat dominan dalam penguasaan bola, City terhitung jarang menciptakan peluang bersih. Percobaan Sergio Aguero pada menit ke-72 juga tak berbuah gol karena tembakan jarak jauhnya dimentahkan Joel dengan relatif mudah.

Peluang yang didapat Yaya Toure pada menit ke-77 juga tak mengubah keadaan. Tendangan bebas Toure dibaca dengan sangat baik oleh Joel.

Bukannya bikin gol, City malah kemasukan lagi dua menit kemudian. Lagi-lagi mereka gagal membendung serangan balik Everton. Davies membawa bola dari wilayah pertahanan Everton dan melewati beberapa pemain City. Bola sempat berpindah ke kaki Barkley sebelum kembali ke Davies yang sudah berada di kotak penalti City. Bravo berusaha mengadang, tapi Davies berhasil mengirim bola ke tiang dekat. Everton kini memimpin 3-0.

Derita City tak berhenti di situ. Tim tamu kebobolan gol keempat di injury time. Gol ini tak lepas dari kesalahan John Stones saat membuang bola. Bola tendangannya malah mengenai Seamus Coleman. Si kulit bundar kemudian mengarah ke Lookman yang berdiri bebas di kotak penalti. Lookman lantas menaklukkan Bravo dengan mengarahkan bola di sela dua kaki penjaga gawang City itu.

Susunan Pemain
Everton: Joel; Holgate, Williams, Funes Mori; Coleman, Davies, Barry (McCarthy 73′), Baines; Barkley (Lookman 90′), Lukaku, Mirallas (Schneiderlin 64′).

Manchester City: Bravo; Sagna, Otamendi, Stones, Clichy; Zabaleta (Iheanacho 62′), Toure; Silva, De Bruyne, Sterling; Aguero.(mb/detik)

Pos terkait