Libas Sampdoria 4 – 0, Roma ke Perempatfinal Coppa Italia

Roma – AS Roma melanjutkan langkahnya ke perempatfinal Coppa Italia. Itu setelah Giallorossi menang telak 4-0 atas Sampdoria.

Menjamu Sampdoria di Olimpico, Jumat (20/1) dinihari WIB di laga babak 16 besar Coppa Italia, Roma tampil dominan sejak awal pertandingan. Sampai laga usai, Roma tercatat menguasai bola hingga 57% seperti dilansir situs resminya.

Meski demikian, tuan rumah baru memetik keunggulan di menit ke-39 lewat sepakan jarak jauh Radja Nainggolan. Gol tersebut jadi satu-satunya yang tercipta di paruh pertama.

Cuma butuh dua menit setelah babak kedua dimulai untuk Roma memperbesar keunggulan melalui Edin Dzeko, menuntaskan umpan Stephan El Shaarawy. Di menit ke-61, giliran Dzeko memberikan assist untuk gol El Shaarawy.

Bacaan Lainnya

Sebuah gol lain dari Nainggolan di masa injury time menggenapkan pesta gol Roma menjadi 4-0. Kemenangan ini meloloskan anak-anak ibukota ke perempatfinal Coppa Italia dan akan menghadapi tim Serie B Cesena.

Jalannya Pertandingan
Roma memulai dengan langsung dominan, tapi Sampdoria yang lebih dulu mengancam. Di menit ketiga, Luis Muriel merangsek dan melepaskan sepakan dari jarak dekat namun berakhir membentur tiang kiri gawang.

Sebuah upaya balasan dari Roma melalui tendangan bebas Leandro Paredes di menit ke-25 masih melenceng jauh dari sasaran.

Tak lama berselang, Paredes kembali melakukan percobaan dari luar kotak penalti, menyambut bola liar. Tapi upayanya kali ini digagalkan mistar gawang.

Stephan El Shaarawy sempat melepaskan percobaan dari luar kotak penalti di menit ke-30 menyambut umpan Daniele De Rossi, namun masih tepat mengarah ke kiper. Dua menit berselang El Shaarawy merangsek di sisi kiri melewati dua pemain dan menyelesaikannya dengan tembakan. Lagi-lagi mudah diamankan kiper.

Paredes kembali jadi ancaman untuk Sampdoria. Di menit ke-35 tendangan kerasnya mengarah ke pojok kiri gawang, memaksa Christian Puggioni terbang untuk melakukan penyelamatan.

Roma pada kemudian memetik keunggulan di menit ke-39. Upaya Matias Silvestre membuang bola justru membuatnya mengarah ke Radja Nainggolan. Nainggolan menyambarnya dengan sepakan voli yang melambung melewati kiper dan berakhir ke pojok kanan atas gawang.

Di menit ke-42, Roma punya kans bagus menambah gol. Nainggolan menyodorkan bola pendek ke El Shaarawy yang tak terkawal, tapi tendangannya melambung.

Jelang babak pertama berakhir, Roma sempat mencatatkan peluang lewat El Shaarawy dan Nainggolan. Tapi tak berbuah gol.

Dua menit babak kedua berjalan, Roma menambah gol. El Shaarawy dengan cerdik melepaskan umpan terobosan melewati dua pemain lawan dengan sedikit mencungkil bola. Edin Dzeko menuntaskannya dengan tendangan mendatar.

Di menit ke-55, hampir Dzeko mencetak gol keduanya di laga ini. Sundulannya membentur tiang gawang. Bola pantulan disambar Antonio Ruediger tapi dihentikan Puggioni.

Peluang lain dari Dzeko tiga menit kemudian. Puggioni lagi-lagi tampil oke, kali ini menepis sundulan Dzeko.

Roma memperlebar keunggulan di menit ke-61. Dzeko mengirimkan umpan lambung terukur ke El Shaarawy di sisi kiri. El Shaarawy lantas mengontrol bola, melewati satu pemain, dan mencungkil bola melewati atas kepala Puggioni yang mencoba maju menutup ruang tembak.

Di menit ke-71, Sampdoria sempat mengoyak gawang Roma lewat sepakan Patrick Schick. Namun wasit menganulirnya karena Schick sudah lebih dulu offside.

Tertinggal tiga gol, Sampdoria baru mulai agresif menyerang. Roma di lain sisi lebih banyak menunggu dan memainkan penguasaan bola.

Di menit ke-82, Diego Perotti merangsek di sisi kanan pertahanan Sampdoria. Dia menuntaskannya dengan sepakan melengkung, tapi masih melebar di kanan gawang.

Roma sempat menambah gol lagi di masa injury time. Umpan silang Diego Perotti disambar tandukan Nainggolan yang lolos dari jebakan offside. Roma pun menutup laga dengan kemenangan 4-0.

Susunan pemain:
Roma: Alisson; Rudiger, Fazio, Juan Jesus; Bruno Peres, Paredes, De Rossi, Mario Rui (Emerson 78′); Nainggolan, El Shaarawy (Perotti 66′); Dzeko (Totti 60′)

Sampdoria: Puggioni; Bereszynski, Silvestre, Regini, Dodo (Pavlovic 77′); Djuricic, Cigarini, Linetty (Praet 68′); Bruno Fernandes; Budimir (Schick 61′), Muriel.(mb/detik)

Pos terkait