Lolos dari Kasus Mesum, Bupati Katingan Terancam Pasal Pemalsuan

Metrobatam, Palangkaraya – Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Ahmad Yantenglie lolos dari Pasal 284 KUHP tentang Perzinahan pascapencabutan laporan oleh suami selingkuhannya Aipda SH.

Namun, Bupati Ahmad masih belum bisa bernapas lega karena dirinya masih berpeluang terancam pasal pemalsuan. Setelah sebuah foto buku nikah dirinya dengan Farida Yeni beredar di media sosial.

Read More

Kepada sejumlah awak media, Bupati Ahmad membenarkan bahwa dia dan Farida Yeni sudah menikah siri di Bogor, Jawa Barat.

Atas dasar ini penyidik bisa menjerat Bupati Ahmad dengan Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Surat atau 264 KUHP jika yang dipalsukan adalah dokumen negara.

“Kalau buku nikah itu ada bisa saja dijerat dengan dugaan pemalsuan,” kata Asisten Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Salamat Simanjuntak di Palangka Raya, Kamis (19/1).

Ia mengatakan, pasal lainnya berdasarkan kronologis yang berkembang, Bupati Ahmad bisa juga dijerat dengan Pasal 279 dan 280 KUHP.

“Jika kedua pelaku ternyata sesuai keterangannya telah kawin (menikah), maka sesuai bunyi Pasal 279 KUHP tentang kejahatan terhadap perkawinan, dapat diancam pidana penjara paling lama lima tahun,” ujarnya. (mb/okezone)

Related posts