Penalti Neymar Menangkan Barca di Kandang Sociedad

San Sebastian – Barcelona punya modal bagus untuk melangkah lebih jauh di Copa del Rey. Ini setelah menang 1-0 di kandang Real Sociedad pada leg pertama perempatfinal.

Pada pertandingan yang dihelat di Anoeta, Jumat (20/1) dinihari WIB, satu-satunya gol Barca tercipta di awal babak pertama lewat Neymar dari titik putih.

Sociedad memang cukup agresif dengan melepaskan 10 attempts tapi tak ada satupun mengenai sasaran. Barca malah cuma bikin satu attempts on target dari total sembilan.

Dengan kemenangan ini maka Barca berpeluang besar lolos ke semifinal karena leg kedua dihelat di Camp Nou pekan depan.

Bacaan Lainnya

Jalannya Pertandingan
Barca menurunkan nyaris para pemain intinya termasuk trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan. Itu membuat Barca dominan sedari awal pertandingan.

Namun, Sociedad lah yang membuat ancaman pertama pada menit ke-11 ketika umpan tarik ke kotak penalti disambar sepakan Mikel Oiarzabal tapi masih melayang di atas mistar.

Barca sendiri mencetak gol pertama dari peluang berbahaya pertama ke gawang Sociedad. Berawal dari tusukan Neymar dari sisi kiri penyerangan Barca, Aritz Elustondo tak punya pilihan selain menekel pemain asal Brasil itu.

Wasit pun menunjuk titik putih dan Neymar yang maju sebagai eksekutor sukses menjebol jala Sociedad.

Setelah kebobolan permainan Sociedad membaik dan mereka bisa menekan pertahanan Barca. Di menit ke-36, tembakan keras Asier Illarramendi masih menyamping dan berujung korner setelah membentur pemain Barca.

Dari situ, lahir sepak pojok tapi tandukan pemain Sociedad, Willian Jose, tak menemui sasaran. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum

Masuk di babak kedua Sociedad mengambil inisiatif serangan pertama demi mendapat gol secepat-cepatnya. Tapi Barca yang mengancam duluan lewat kerjasama Suarez, Messi, dan Neymar, namun nama ketiga hanya menempatkan bola di sisi gawang.

Sociedad pada menit ke-63 menyerang pertahanan Barca dari sisi kiri lewat Yuri tapi tembakan bek sayap Sociedad itu masih menyamping.

Barca meski unggul relatif bermain aman dan tak banyak membuat peluang berbahaya ke gawang Sociedad. Usaha Sociedad mencari gol sampai akhir pertandingan tak menemui hasil.

Walhasil Barca tetap pulang dengan kemenangan 1-0 dan jadi kemenangan pertama di Anoeta sejak 2007.

Susunan Pemain
Real Sociedad: Rulli, Illarra, Iñigo Martinez, Prieto (Canales 76′), Carlos Vela (Jimenez 72′), Willian Jose (Concha 80′), Elustondo, Zurutuza, Oyarzabal, Yuri, Raul Navas

Barcelona: Cillessen, Sergi Roberto, Umtiti, Pique, Digne, Rakitic (Suarez 69′), Busquets, Iniesta (Gomes 46′), Suarez, Messi, Neymar.(mb/detik)

Pos terkait